Makna Pencitraan Terhadap Perempuan ( Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Pada Foto Selebriti Dalam Rubrik “ Gaya Hidup ” Pada Surat Kabar Harian Umum Victory News Edisi Oktober 2013 )

SELAN, Seobil Victor Absalom (2014) Makna Pencitraan Terhadap Perempuan ( Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Pada Foto Selebriti Dalam Rubrik “ Gaya Hidup ” Pada Surat Kabar Harian Umum Victory News Edisi Oktober 2013 ). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (20kB)

Abstract

Judul penelitian “Makna Pencitraan Terhadap Perempuan” (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Pada Foto Selebriti dalam Rubrik “Gaya Hidup” Pada Surat Kabar Harian Umum Victory News Edisi Oktober 2013) Perempuan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam media, Keindahan yang dimiliki seorang perempuan dalam kesehariannya, membentuk stereotype dan membawa mereka kepada sifat-sifat di sekitar keindahan itu. Perempuan selalu ditampilkan berbeda dalam pemberitaan dalam rubrik “Gaya Hidup” Pada Surat Kabar Harian Umum Victory News Edisi Otktober 2013. Hal inilah yang menimbulkan berbagai persepsi yang berbeda-beda terhadap citra seorang perempuan. Oleh karena itu, dibuatlah perumusun masalah bagaimana makna pencitraan terhadap perempuan yang ditampilkan dalam rubrik “Gaya Hidup” pada Surat Kabar Harian Umum Victory News edisi Oktober 2013, Rumusan masalah tersebut tentu mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui makna pencitraan terhadap perempuan oleh media yang ditampilkan dalam rubrik “ Gaya Hidup” pada Surat Kabar Harian Umum Victory News edisi Oktober 2013. Untuk mencapai tujuan penelitian penulis menggunakan teori semiotika Charles Sander Pierce sebagai metode analisis dan interpretasi serta memperhatikan teori lain seperti konsep makna dari Brown dan konsep tanda dari Sudiana. Menggunakan Jenis penelitian yang bersifat deskriptif interpertatif, metode analisis semiotika dibatasi pada studi dokumentasi pada tiga foto selebriti yaitu Juwita Bahar, Agnes Monica dan Syahrini dengan memperhatikan enam unsur penting yakni kepala ( rambut, senyum ), pakaian, pose, aksesoris dan background. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga foto selebriti dalam rubrik “Gaya Hidup” pada Surat Kabar Harian Umum Victory News edisi Oktober 2013, dengan memperhatikan keenam unsur visual yakni kepala ( rambut dan senyum ), pakaian, pose, aksesoris dan background, memberikan definisi mengenai perempuan yang ceria, anggun, cantik, seksi, glamor dan mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini ialah makna pencitraan terhadap perempuan dalam ketiga foto selebriti dalam rubrik “Gaya Hidup” pada Surat Kabar Harian Umum Victory News edisi Oktober 2013 dibentuk berdasarkan unsur dalam foto yaitu kepala (rambut, senyum), pakaian, pose, aksesoris dan background. Citra yang terbentuk yakni citra pigura (seksi dan cantik) dan citra pergaulan (ceria, anggun, glamor dan madiri)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:01
Last Modified: 12 Dec 2022 04:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item