Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT

KALELENA, Maria Fistanti (2011) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (360kB)

Abstract

Maria Fistanti Kalelena No. Regis 331 07 012. dengan judul "PENGARUII PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAI{ DANA ALOKASI UMUM (DATI) TERIIADAP BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI NTT'. Di bawah bimbingan Wilhelmus Mustari, selaku pembimbing I dan Antonius Ugak selaku pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja daerah? (2) Apakah Pendapatan Asli Daerah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja daerah? (3) Apakah Dana Alokasi Umum secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja daerah? Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja daerah Kabupaten/Kota di Provinsi NTT. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder, teknik pengumpulan data mengunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, alat analisis yaitu regresi linear berganda dengan rumus: Y= a * p'Xr + pz)G Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, (1) secara simultan diketahui nilai sig - 0.000 sedangkan nilai cr : 0,05 sehingga dapat dikatakan nilai signifikannya lebih kecil dari nilai alpha sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya menyatakan bahwa secara bersama-sama Xt dan Xz berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, (2) Secara parsial diketahui angka signifikan untuk variabel Xt sebesar 0,7A7. Nilai ini lebih besar dari tingkat signifikan sebesar 0,05 sehingga menerima H0 dan menolak Ha, artinya secara parsial Xt tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. (3) secara parsial angka signifikan untuk variabel Xz sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari tigkat signifikan sebesar 0.05 sehingga menolak H0 dan menerima Hq artinya bahwa secara parsial Xz berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Besarnya koefisien determinan R3 : 0,852 atau 85,2Yo. bahwa variabel bebas Xt, Xz memberikan konstribusi atau sumbangan terhadap perubahan Belanja daerah Y sebesar 85,2yo sedangkan sisanya l4,8yo dijelaskan oleh faktor'faktor lain di luar model Untuk itu disarankan pada pemerintah daerah agar terus menggali sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah, demikian juga pemerintah daerah agar terus mengupayakan untuk bisa menarik Dana Alokasi Umum semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:05
Last Modified: 12 Dec 2022 05:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item