Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Pada SLB-B Di Sekolah Luar Biasa Asuhan Kasih Kupang)

BRIA, Oswind Rian (2015) Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Pada SLB-B Di Sekolah Luar Biasa Asuhan Kasih Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (111kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pada SLB-B Asuhan Kasih Kupang)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa/i yang siswa-siswi sangat aktif mencari materi pelajaran di internet dan toko buku namun pada saat berkomunikasi dengan guru di sekolah anak-anak tunarungu di SLB-B Asuhan Kasih Kupang tidak terjadi secara dua arah sehingga dengan kata lain komunikasi tersebut tidak berjalan efektif. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat gangguan atau hambatan dalam proses komunikasi yang dilakukan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja gangguan yang terjadi dalam proses komunikasi dan bagaimana efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa ketika SLB-B Asuhan Kasih Kupang menerapkan komunikasi verbal dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut ketebukaan, rasa empati dan kesetaraan pengiriman pesan dari guru maupun siswa/i. Maka tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui gangguan dan efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa/i dalam proses pembelajaran di SLB-B Asuhan Kasih Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan memilih informan sebanyak 8 orang yang masing-masing 6 orang siswa/i dan 2 orang guru SLB-B Asuhan Kasih Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Konstruk utama dalam penelitian ini adalah gangguan komunikasi (semantik, fisik dan psikis) yang dapat mempengaruhi efektifitas komunikasi yang dapat dilihat dari keterbukaan, rasa empati dan kesetaraan dalam pengiriman pesan. Dari hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa di SLB-B Asuhan Kasih Kupang mengalami 3 (tiga) gangguan yaitu pertama gangguan semantik karena guru lebih memahami pesan verbal sedangkan siswa/i lebih memahami pesan nonverbal, kedua gangguan fisik karena suhu udara yang panas ketika proses belajar dilaksanakan di siang hari dan ketiga gangguan psikis karena siswa tertekan dengan tindakan keras dari guru. Dengan adanya gangguan ini maka proses komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa SLB-B Asuhan Kasih Kupang tidak berjalan efektif yaitu tidak adanya keterbukaan dari siswa karena cenderung tertutup, kedua belah pihak tidak mampu memahami perasaan lawan bicara serta guru lebih menguasai proses pengiriman pesan. Berdasarkan kesimpulan ini maka penulis menyarankan agar komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa/i SLB-B Asuhan Kasih Kupang harus menggunakan pesan verbal dan nonverbal, melakukan penanaman pohon atau memasang pendingin ruangan dan perlu mengurangi tindakan kasar dari guru dalam menanggapi perilaku siswa yang dianggap sebagai tindakan nakal, serta perlu mengevaluasi kembali kinerja dari para guru pada SLB Asuhan Kasih Kupang katergori B (tunarungu) yang tidak dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat/abjad jari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:07
Last Modified: 12 Dec 2022 05:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item