Upaya Meningkatkan Kemampuan Vokal Anak-Anak Sekami KUB St. Rafael Malaikat Agung Wilayah D Stasi TDM Paroki Santa Maria Assumpta dengan Lagu Model “Tuhan Memanggil Namaku” Melalui Metode Drill

NATALIA, Maria Saltriana (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Vokal Anak-Anak Sekami KUB St. Rafael Malaikat Agung Wilayah D Stasi TDM Paroki Santa Maria Assumpta dengan Lagu Model “Tuhan Memanggil Namaku” Melalui Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)

Abstract

Hal bernyanyi dengan baik merupakan dambaan setiap insan yang ingin mengekspresikan dirinya demi kepuasan emosional sebagai manusia yang mencintai dan memaknai arti seni untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Demikian pun anak-anak Sekami St.Rafael Malaikat Agung Stasi St.Petrus TDM yang berjumlah 18 orang dengan usia dari 7-12 tahun yang selama ini mengalami kendala dalam hal bernyanyi khusus penerapan vokal yang sulit mereka lakukan setiap melakukan nyanyian bersama. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Vokal Anak-anak Sekami KUB St. Rafael Malaikat Agung Wilayah D Stasi Tdm Paroki Santa Maria Assumpta Dengan Lagu Model Tuhan Memanggil Namaku Melalui Metode Drill”. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan vokal anak-anak Sekami KUB St.Rafael Malaikat Agung Wilayah D stasi TDM paroki Santa Maria Assumpta melalui Metode Drill. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh (efektivitas) Metode Drill dalam meningkatkan kemampuan vokal anak anak Sekami St.Rafael Malaikat Agung Wilayah D stasi TDM Paroki Santa Maria Assumpta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara deskriptif dan kualitatif. Metode penelitian ini adalah metode drill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan vokal anak-anak sekami KUB St.Rafael Malaikat Agung melalui Metode Drill berhasil cukup baik. Metode pembelajaran (Drill) dijalankan melalui beberapa langkah. Pertemuan Pertama: menjelaskan Teknik Vokal dan Unsur-unsur dari Teknik Vokal, pemanasan dan dilanjutkan dengan mengucapkan huruf vokal selanjutnya anak anak dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok A (satu) dan B (dua). Pertemuan Kedua: pemanasan dilanjutkan anak-anak menyanyikan notasi lagu “Tuhan Memanggil Namaku”. Pertemuan Ketiga: pemanasan, selanjutnya mereka menyanyikan solo syair lagu model “Tuhan Memanggil Namaku”. Pertemuan Keempat: pemanasan berupa naik turunnya tangga nada dan menyanyikan syair lagu model. Pertemuan terakhir: Pementasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak-anak belum maksimal dalam bernyanyi namun mereka bisa bernyanyi dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Vokal, Anak-anak Sekami, Metode Drill, lagu model, efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:38
Last Modified: 13 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item