AGUSTINA, Yuliana Novita (2022) Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Bukalapak Pada Warga Kelurahan Merdeka Kota Lama Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (348kB) |
Abstract
Yuliana Novita Agustina (32117022) dengan judul penelitian “Pengaruh Promosi gratis ongkos kirim, Online Customer Review dan Online Customer rating Terhadap Keputusan Pembelian di Bukalapak Pada Warga Kelurahan Merdeka Kota Kupang”. Dibawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM sebagai pembimbing I dan Ibu Maria A.L. Amaral, SE, MM sebagai pembimbing II. Bukalapak mengalami penurunan penjualan dan pengunjung, dikarenakan konsumen tidak tertarik akan promosi yang diadakan Bukalapak, bahwa online customer review dan rating di Bukalapakpun menuai kontroversi, hingga ke Kota Kupang. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran promosi gratis ongkos kirim, online customer review, online customer rating dan keputusan pembelian? (2) Apakah promosi gratis ongkos kirim, online customer review dan online customer rating secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Bukalapak Pada Warga Kelurahan Merdeka Kota Lama Kupang?. Penelitian dilakukan di Kelurahan Merdeka Kota Lama Kupang, dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan Bukalapak. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 18 indikator dan dikalikan 6, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 108 orang. Pengambilan sambel digunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data yaitu metode analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel promosi gratis ongkos kirim sebesar 75,8%, variabel online customer review sebesar 72%, variabel online customer rating sebesar 77,6% dan variabel keputusan pembelian sebesar 73%. Semua variabel dikategorikan baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,608 X_1+ 0,262 X_2 + 0,234 X_3. Hasil uji t menunjukkan bahwa promosi gratis ongkos kirim, online customer review, dan online customer rating secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa promosi gratis ongkos kirim, online customer review, dan online customer rating secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari koefisien determinasi (R²) = 69,1,% menunjukkan bahwa keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel promosi gratis ongkos kirim, online customer review, online customer rating, sedangkan sisanya 30,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, disarankan kepada Bukalapak untuk menemukan inovasi strategi pemasaran yang menarik dan kreatif, seperti mengadakan promosi yang menarik, sehingga review dan pemberian rating konsumen kepada Bukalapak bagus dan konsumen akan melakukan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi gratis ongkos kirim, Online customer review, Onlin customer rating dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | S.M YULIANA NOVITA AGUSTINA |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 06:17 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 06:17 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10696 |
Actions (login required)
View Item |