Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

LIMU, Inyong Star Kamatang (2016) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)

Abstract

Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, peserta didik juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017”. Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? 2). Bagaismana ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? 3). Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? 4). Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model Pembelajaran Discovery Learnig Materi Pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC Semester Ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1). Mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017. 2). Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017. 3). Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017. 4). Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC Semester ganjil SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang dan guru (peneliti). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning adalah optimal untuk materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 4 Kota Kupang yang berjumlah 31 orang. Secara terperinci sebagai berikut: 1). Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. 2). Indikator Hasil Belajar yang disiapkan semuanya tuntas. 3). Hasil belajar peserta didik pada umumnya tuntas. 4). Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model pembelajaran, Discovery learning, Pesawat sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:38
Last Modified: 19 Dec 2022 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item