Upaya Pembelajaran Tari Sara Kolong Riung Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Semester Satu Minat Tari Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang

MUNDE, Elisabeth Irasta (2016) Upaya Pembelajaran Tari Sara Kolong Riung Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Semester Satu Minat Tari Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tarian Sara Kolong adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Ngada, yakni dari daerah Riung. Tarian ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat Riung dan kegiatan menanam padi di ladang. Tarian Sara Kolong itu sendiri diambil dari kata “Sara” dan “Kolong”. Sara yang berarti menurut (meniru) dan Kolong yang artinya Burung Tekukur. Jadi tarian Sara Kolong adalah tarian menurut Burung Tekukur. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pembelajaran tari Sara Kolong Riung melalui metode drill pada mahasisiwa semester 1 minat tari program studi pendidikan Sendratsik Unwira Kupang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya pembelajaran tari Sara Kolong Riung melalui metode drill pada mahasisiwa semester 1 minat tari program studi pendidikan Sendratsik Unwiara Kupang. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran tari Sara Kolong Riung melalui metode drill pada mahasisiwa semester 1 minat tari program studi pendidikan Sendratsik Unwira Kupang diawali dengan pra penelitian. Pada tahap ini peneliti melakukan pendekatan dengan ketua program studi sendratasik, prekrutan mahasisiwa minat tari dan pembagian jadwal latihan. Selanjutnya pada proses pembelajaran yang dilakukan dalam enam pertemuan mulai dari penjelasan tentang sejarah tarian sara kolong, lalu peneliti memperkenalkan ragam gerak tari Sara Kolong kepada kelompok petani dan kelompok burung, sampai dengan pementasan untuk diambil video. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa metode drill sangatlah efisien dalam upaya pembelajaran tari Sara Kolong Riung pada mahasiswa semester satu minat tari program studi pendidikan Sendratasik Unwira Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tari Sara Kolong, Minat Tari, Metode Drill, dan Mahasiswa Semester 1 Sendratasik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:40
Last Modified: 19 Dec 2022 00:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item