PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN Numbered Heads Together UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI POKOK FOTOSINTESIS DI SMPK ST. MARKUS PATENGREGHO KABUPATEN MANGGARAI BARAT KECAMATAN MACANG PACAR TAHUN AJARAN 2014/2015

Nganjung, Getrudis (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN Numbered Heads Together UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI POKOK FOTOSINTESIS DI SMPK ST. MARKUS PATENGREGHO KABUPATEN MANGGARAI BARAT KECAMATAN MACANG PACAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan Di SMPKSt. Markus Pateng Regho dilihat dari siswa kurang antusias dalam pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka, dicarikan solusi melalui pem- belajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Togetheryang inovatif. Namun Apakah Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads TogetherDapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis. Untuk itu maka, Peneliti ingin melakukan penelitian dengan Judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMPK St. Markus Pateng Regho Kabupaten Manggarai Barat Kecamatan Macang Pacar Tahun Ajaran 2015/2015. Rumusan Masalah Penelitian Ini adalah Apakah Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads TogetherDapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis. Untuk itu maka, Peneliti ingin melakukan penelitian dengan Judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMPK St. Markus Pateng Regho Kabupaten Manggarai Barat Kecamatan Macang Pacar Tahun Ajaran 2015/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Fotosintesis Di SMPK St. Markus Pateng Regho Kabupaten Manggarai Barat Kecamatan Macang Pacar Tahun Ajaran 2014/2015. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design.Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan data Statistik. Hasil dari penelitiannya adalah : (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 86,5 (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,86 (4) Sensitivitas butir soal 0,47. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Togetherefektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII materi pokok Fotosintesis di SMPK St. Markus Pateng Regho Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif PendekatanNumbered Heads Together,Hasil belajar, Fotosintesis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: ?? biologi ??
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:25
Last Modified: 15 Aug 2017 01:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item