Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

NITSAE, Maria Destriyani (2016) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah: konsep belajar yang membantu pendidik mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: Konstruktivisme (constructivisme), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assesement). CTL memandang bahwa belajar bukan proses menghafal, tetapi melalui pengalaman pembelajaran yang dilalui peserta didik, mereka dapat memahami hakikat dan makna materi pembelajaran yang dialaminya secara langsung. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas VIII H semester ganjil SMP Negeri 6 kupang Tahun Ajaran 2016/2017? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran materi pokok Hukum Newton peserta didik kelas VIII H semester ganjil SMP Negeri 6 Kupang dengan menerapkan pendekatan kontekstual? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang dalam pembelajaran materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan pendekatan kontekstual? 3)Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 kupang dalam pembelajaran materi pokok Hukum Newton peserta didik SMP Negeri 6 Kupang dengan menerapkan pendekatan kontekstual? 4) Bagaimana respon peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan pendekatan kontekstual? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran materi pokok Hukum Newton peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang dengan menerapkan pendekatan kontekstual. 2) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang dalam pembelajaran materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan pendekatan kontekstual. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang dalam pembelajaran materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan pendekatan kontekstual. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 6 Kupang terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII H SMPN 6 Kupang Tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah baik. Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Hukum Newton, tes hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukkan bahwa 1)Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi Hukum Newton pada peserta didik kelas VIII H SMPN 6 Kupang yang mecakup: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah: 3.72; 3.68 dan 4.00. 2)Indikator hasil belajar dalam proses pembelajaran IPA (Fisika) pada materi pokok Hukum Newton dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual semuanya tuntas dengan total rata-rata proporsi indikator hasil belajar produk 0.85, total rata-rata proporsi hasil belajar afektif 0.85, dan total rata-rata proporsi hasil belajar psikomotor 0.84. 3)Hasil Belajar produk peserta didik kelas kelas VIII H SMPN 6 Kupang pada Hukum Newton terdiri dari 21 peserta didik sebagian besar adalah tuntas dan terjadi peningkatan proporsi jawaban benar dari 0.28 menjadi 0.85 sebesar 0.57. 4)Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapakan pendekatan kontekstual yang meliputi lima aspek dengan persentase rata-rata dari kelima aspek adalah 91.00% yang artinya peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:27
Last Modified: 19 Dec 2022 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item