Strategi Pemasaran Obyek Pariwisata Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Belu (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Belu)

ALVES, Carmelita Ribeiro (2023) Strategi Pemasaran Obyek Pariwisata Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Belu (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemasaran obyek pariwisata di Kabupaten Belu dan bagaimana menentukan strategi yang sebaiknya dilakukan untuk pemasaran pariwisata di Kabupaten Belu. Untuk memperoleh gambaran strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dan Analisis SWOT. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan observasi dan pembagian kuesioner tentang pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari responden, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Belu dan instansi terkait dengan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 20 orang yang terdiri dari Pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Belu dan wisatawan atau masyarakat yang pernah mengunjungi obyek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu untuk memasarkan pariwisata dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum terlaksana secara optimal. faktor yang mempengaruhi pemasaran obyek pariwisata di Kabupaten Belu yaitu faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal. Yang menjadi faktor pendorong adalah yang memperoleh kategori nilai tertinggi yaitu kekuatan dari faktor internal daya tarik obyek wisata mencakup pemandangan alam yang indah dan sejuk dan juga peluang dari faktor eksternal antara lain infrastruktur yang menunjang obyek wisata mencakup jalan menuju obyek wisata yang mendukung. Dan yang menjadi faktor penghambat adalah kelemahan dari faktor internal dimana fasilitas pada obyek wisata mencakup lahan parkir yang kurang dan juga ancaman/tantangan dari faktor eksternal antara lain infrastruktur mencakup tidak tersedianya penginapan (hotel) di sekitar obyek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Obyek Pariwisata, PAD
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Carmelita Ribeiro Alves
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:14
Last Modified: 10 Jan 2023 06:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item