Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII O SMP N 4 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

MBARU, Maria Goreti (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII O SMP N 4 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu dari meodel pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap-tiap kelompok 4-5 orang peserta didik secara heterogen. Peserta didik ditempatkan dalam tim belajar yang beranggotakan 4-5 orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Masalah dalampoenelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya pada pesertadidik kelas VIIO SMP N 4 Kota Kupang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana keterampilan koperatif peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya? (3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahanya? (4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahanya? (5) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahanya? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIO SMP N 4 Kota Kupang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya. (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya. (4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya. (5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIO SMP N 4 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes, dan Angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (Kognitif, afektif, dan Psikomotor), Lembar Keterampilan Kooperatif dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis hasil yang digunakan adalah analisis deskrip kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi, dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mencakup: perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi adalah termasuk dalam kategori baik dengan total skor rata-rata secara berturut-turut adalah 3,89; 3,93; dan 4,00. (2) Keterampilan Kooeratif peserta didik meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya atau menjawab, dan mendengarkan dengan aktif secara umum persentase rata-rata berada pada batasan evektivitas yang ditetapkan. (3) Indikator Hasil Belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) yang disiapkan sebagaian besar tuntas. (4) Hasil belajar fisika peserta didik kelas VIIO SMP N 4 Kota Kupang pada materi pokok kalor dan perpindahannya secara keseluruhan tuntas. (5) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh persentase yang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan 89,33% dengan kategori sangat baik, kegiatan inti 88,40% dengan kategori sangat baik, kegiatan penutup 89,25% dengan kategori sangat baik, pengelolaan waktu 88,00% dengan kategori sangat baik, dan suasana kelas 85,50% dengan kategori sangat baik. Sehingga total persentase rata-rata respon peserta didik dari kelima aspek adalah 88,10% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:29
Last Modified: 19 Dec 2022 06:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item