Optimalisasi Ekstraksi Nikel (Ni), Kobalt (Co) dan Tembaga (Cu) dalam Mineral Pirit dengan Pengompleks Natrium Dietil Ditiokarbamat

KEDANG, Hendrina Indriani (2016) Optimalisasi Ekstraksi Nikel (Ni), Kobalt (Co) dan Tembaga (Cu) dalam Mineral Pirit dengan Pengompleks Natrium Dietil Ditiokarbamat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Optimalisasi Ekstraksi Nikel (Ni), Kobalt (Co) dan Tembaga (Cu) dalam Mineral Pirit dengan Pengompleks Natrium Dietil Ditiokarbamat. Optimasi pH pada ekstraksi logam Ni, Co dan Cu dilakukan pada pH 2 sampai pH 12, sedangkan optimasi konsentrasi DDC pada ekstraksi logam Ni, Co dan Cu dilakukan pada konsentrasi DDC 10-1 sampai 10-5 dan analisis kandungan Ni, Co dan Cu dalam pirit dilakukan dengan Spektrofotometer Serapan Atom nyala udara asetilen. Hasil penelitian menunjukkan ekstraksi logam Ni dan Co dalam kloroform dengan pengompleks DDC optimum pada pH 6, sedangkan ekstraksi logam Cu dalam kloroform dengan pengompleks DDC optimum pada pH 2 dan konsentrasi DDC yang digunakan untuk mengekstraksi logam Ni, Co dan Cu adalah 0,1 M. Kandungan Ni, Co dan Cu dalam pirit adalah 1576,11 µg/g untuk Ni, 1356,64 µg/g untuk Co, dan 15132,58 µg/g untuk Cu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi, NaDDC, Nikel, Kobalt dan Tembaga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:13
Last Modified: 10 Jan 2023 06:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item