Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Keruangan Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kimia Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-B SMA Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

TALOIM, Feni (2016) Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Keruangan Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kimia Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-B SMA Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran kimia, khususnya pada materi hidrokarbon. Faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain faktor eksternal (faktor dari luar diri siswa) dan faktor internal (faktor dari dalam diri siswa) dalam hal ini kemampuan verbal dan kemampuan keruangan yang juga penting dalam meningkatkan hasil belajar. Dengan mengetahui kemampuan verbal dan kemampuan keruangan siswa terhadap hasil belajar, maka dapat ditetapkan langkah yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kimia terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi hidrokarbon siswa kelas X-B SMA Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, yang didasarkan pada: (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran (b) ketuntasan indikator, (c) ketuntantasan hasil belajar. (2) Untuk mengetahui kemampuan verbal terhadap hasil belajar. (3) Untuk mengetahui kemampuan keruangan terhadap hasil belajar. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan verbal dan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar. penelitian ini menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas kemampuan verbal dan kemampuan keruangan sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Efektivitas pembelajaran kimia terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi hidrokarbon siswa kelas X-B SMA Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016: (a) Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan oleh skor rata rata 3,78, (b) ketuntasan indikator hasil belajar meliputi: sikap spiritual (KI I) diperoleh dari rata-rata observasi dan angket sebesar 0,81 dan 0,88, sikap sosial (KI II) diperoleh dari rata-rata observasi dan angket sebesar 0,83 dan 0,84, ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI III) dengan rata-rata sebesar 0,82, ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI IV) diperoleh dari rata-rata indikator psikomotor sebesar 0,83, THB proses sebesar 0,89, presentase sebesar 0,85, dan portofolio sebesar 0,85, (c) ketuntasan hasil belajar meliputi: sikap spiritual (KI I) rata rata sebesar 82, sikap sosial (KI II) dengan nilai rata-rata sebesar 86, (KI III) dengan nilai rata-rata sebesar 86, keterampilan (KI IV) dengan nilai rata-rata sebesar 85,26. Ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dengan nilai sebesar 85. (2) Kemampuan verbal siswa dengan nilai TPA sebesar 666. (3) Kemampuan keruangan siswa dengan nilai TPA sebesar 627. (4) (a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal terhadap hasil belajar dengan korelasi tunggal diperoleh nilai rx1y = 0,51dan nilai t ≥ t atau 2,965 ≥ 2,060, (b) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan keruangan terhadap hasil belajar dengan korelasi tunggal diperoleh nilai rx2y = 0,430 dan nilai t ≥ t atau 2,381 ≥ 2,060, (c) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dan kemampuan keruangan korelasi ganda diperoleh nilai rx1 x2y = 0,530 dan nilai F ≥ F atau 4,69 ≥ 3,40. (5) (a) Ada pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar, hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar siswa diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 26,01%, sedangkan sisanya sebesar 73,99% dipengruhi oleh variabel lain dengan persamaan regresinya = 55,921 +0,375714, (b) ada pengaruh kemampuan keruangan terhadap hasil belajar, hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan keruangan terhadap hasil belajar siswa diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 18,49%, sedangkan sisanya sebesar 81,51% dipengruhi oleh variabel lain dengan persamaan regresinya = 58,35354 + 0,375758, (c) Ada pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan keruangan diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 28,09% sedangkan sisanya sebesar 71,91% dipengruhi oleh variabel lain dengan persamaan regresinya = 14,08749 + 0,2924182 (X1) + 0,120966 (X2).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Verbal, Kemampuan Keruangan, Hasil Belajar, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, dan Hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:15
Last Modified: 10 Jan 2023 06:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item