Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Kreativitas (Apptitude) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Koloid dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

GAMBUNG, Fransiska Tantiana (2016) Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Kreativitas (Apptitude) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Koloid dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)

Abstract

Apabila peserta didik memiliki kemampuan berpikir logis maka kreativitas peserta didik dapat terwujud. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban–jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. (3) Untuk mengetahui kreativitas (apptitude) siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. (4). a. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang, b. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kreativitas (apptitude) dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang c. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan berpikir logis dan kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang (5) a . Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapakan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. b. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar siswa dengan menerapakan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. c. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir logis dan kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor,lembar tes kemampuan berpikir logis siswa,lembar tes kreativitas (apptitude). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,92. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata –rata 96 (b) aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 95 (c) aspek kognitif tuntas dengan skor 90 (d) aspek psikomotor tuntas dengan skor 91,98. 2) Kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori kemampuan berpikir logis tinggi dengan rata-rata yang diperoleh ≥ 61 yaitu 62,67 3) Kreativitas (apptitude) siswa kelas XI MIPA 3 SMAK Giovanni Kupang tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata rata yang diperoleh adalah 83,7 dan berada pada rentangan nilai 81 – 100. 4) a. Ada hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar dengan nilai korelasi pearson product moment yang diperoleh adalah 0,536. b. Ada hubungan antara kreativitas (apptitude) dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment rx2y= 0,93. c. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dan kreativitas (apptitude) dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment rx2y= 0,9308. 5) a. Ada pengaruh antara kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 79,57 + 0,2 . b. Ada pengaruh antara kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi sederhana : Ŷ = 92,0836 + 0,491 . c. Ada pengaruh antara kemampuan berpikir logis dan kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi ganda Ŷ= 50,77+ 0,0184 X1 + 0,48 X2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Logis, Kreativitas (apptitude), Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:28
Last Modified: 10 Jan 2023 06:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item