PUTRA, Frederikus Firman (2016) Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (397kB) |
Abstract
Kemampuan numerik merupakan kemampuan untuk menggunakan angka secara matematis, serta memecahkan perhitungan-perhitungan matematis yang kompleks. Kemampuan verbal (linguistik) merupakan kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan atau tulisan. Pendekatan saintifik (scientific) disebut juga sebagai pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Masalah yang dideskripsikan pada skripsi ini adalah bagaimana efektifitas pembelajaran kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan menerapkan pendekatan saintifik peserta didik? Bagaimana kemampuan numerik dan bagaimana kemampuan verbal peserta didik? Adakah hubungan kemampuan numerik dan adakah hubungan kemampuan verbal terhadap hasil belajar? Adakah pengaruh kemampuan numerik dan adakah pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pembelajaran kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan menerapkan pendekatan saintifik, mengetahui kemampuan numerik dan kemampuan verbal peserta didik, mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar, mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran pendekatan saintifik (2) Lembar pengamatan sikap spiritual dan sikap sosial (3) Lembar tes hasil belajar peserta didik (4) Lembar pengamatan presentase, psikomotor, portofolio, dan THB proses. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Kemampuan guru mampu mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,71 termasuk dalam kategori baik dengan reliabilitas 99%. (2) Ketuntasan Indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific dinyatakan tuntas dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator KI-1 0,895, KI-2 0,90, KI-3 0,98, dan KI-4 0,885. (3) Ketuntasan hasil belajar menerapkan pendekatan saintifik dinyatakan tuntas dengan rata-rata: KI-1 89, KI-2 90, KI-3 85, KI-4 88, dan secara keseluruhan 87,42. (4) Kemampuan numerik peserta didik termasuk dalam kategori sangat unggul dengan skor TPA 653. (5) Kemampuan verbal peserta didik termasuk dalam kategori sangat unggul dengan skor TPA 666. (6) a. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai rx1y = 0,798 dan nilai ≥ atau 7,03 ≥ 2,048. b. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai rx2y = 0,842 dan nilai ≥ atau 8,25 ≥ 2.048. c. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerrik dan kemampuan verbal dengan hasil belajar dengan korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai rx1 x2y = 0,90 dan nilai ≥ atau 57,85 ≥ 3,35. (7) a. Ada pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 0,3638 atau 36,38% dengan persamaan regresinya. b. Ada pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 0,709 atau 70,9% dengan persamaan regresinya . c. Ada pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar diterangkan oleh koefisien determinasi (D) = 0,81 atau 81% dengan persamaan regresinya + X1 + X2 . Pendekatan saintifik dapat diterapkan pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:29 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10819 |
Actions (login required)
View Item |