Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Ansambel Sejenis (Pianika)Bagi Siswa-Siswi Minat Musik Pada Kegiatan extrakurikuler SMP Angkasa Kupang Dengan Model Lagu Oras Loro Malirin Menggunakan Metode Kerja Kelompok

FOUK, Yuliyanti Rofina (2017) Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Ansambel Sejenis (Pianika)Bagi Siswa-Siswi Minat Musik Pada Kegiatan extrakurikuler SMP Angkasa Kupang Dengan Model Lagu Oras Loro Malirin Menggunakan Metode Kerja Kelompok. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)

Abstract

SMP Angkasa merupakan salah satu sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana untuk mengembangkan kreaifitas anak.Menurut pengamatan penulis yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah ini yang bertugas mendampingi siswa-siswi dalam praktek memainkan alat musik khususnya pianika, ditemukan adanya banyak kekurangan yang perlu dibenahi yakni kurang memperhatikan syarat-syarat keberhasilan dalam memainkan ansambel. Kekurangan itu seperti tempo yang tidak stabil saat memainkan lagu, ketidakkompakan saat memulai dan mengankhiri lagu, tidakadanya balance atau keseimbangan bunyi dari tiap instrumen. Berkaca pada persoalan di atas, penulis kemudian melakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimana upaya untuk meningkatkan keterampilan bermain musik ansambel sejenis (pianika) bagi siswa-siswi minat musik SMP Angkasa Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan model lagu Oras Loro Malirin melalui metode kerja kelompok. Adapun tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan bermain musik ansambel sejenis (pianika) bagi siswa-siswi minat musik sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan model lagu Oras Loro Malirin melalui metode kerja kelompok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik studi lapangan. Hal ini dapat dilihat pada proses penelitian yang dibagi ke dalam tiga tahap yakni tahap awal mengenai perekrutan siswa-siswi minat musik (pianika) yang dibantu oleh guru kesenian dan penentuan jadwal latihan. Tahap inti meliputi pemberian materi teori tentang ansambel, pembentukan kelompok dan penerapan materi teori ansambel melaui praktek yang dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Tahap akhir meliputi pementasan hasil latihan ansambel sejenis (pianika) oleh siswa-siswi minat musik pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Angkasa Kupang dengan model lagu Oras Loro Malirin. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui metode kerja kelompok siswa-siswi dapat memainkan ansambel sejenis (pianika) dengan model lagu Oras LoroMalirin dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, ansambel, ekstrakurikuler dan kerja kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:54
Last Modified: 19 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item