Identifikasi Senyawa Hasil Ekstrak Kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm F.) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk)

BAHI, Vabianus (2016) Identifikasi Senyawa Hasil Ekstrak Kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm F.) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (34kB)

Abstract

Dewasa ini fitokimia atau kimia tumbuhan sangat berkaitan erat dengan kimia organik bahan alam dan biokimia tumbuhan. Kemajuan fitokimia sangat dibantu dengan metode penjaringan untuk menjaring tumbuhan sehingga diperoleh senyawa yang khas. Hal ini disebabkan setiap gugus senyawa atom memiliki jumlah struktur molekul yang berbeda. Metode identifikasi gugus atom atau unsur-unsur senyawa dalam tanaman bergantung pada sifat fisikokimia yang didukung dengan identifikasi secara kualitatif. Beberapa tanaman yang dapat diidentifikasi secara ilmiah antara lain kulit batang pohon kehulek dan kulit batang pohon kelor. Kombinasi kulit batang pohon kehulek dan kulit batang pohon kelor mengandung sejumlah besar senyawa-senyawa khas yang baru yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisikokimia, mengidentifikasi komponen fitokimia dan komponen senyawa kimia dalam ekstrak kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm. F) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental design laboratorium yang meliputi analisis sifat fisikokimia, skrining fitokimia, dan identifikasi komponen senyawa kimia. Analisis sifat fisikokimia meliputi penetapan massa jenis, uji kelarutan, penentuan titik didih, dan penentuan putar optik. Skrining fitokimia meliputi uji alkaloid, flavonoid, saponin, tanin. triterpenoid dan steroid. Ekstrak kombinasi diidentifikasi dengan KLT, FTIR dan GC-MS. Hasil analisis sifat fisikokimia diperoleh ekstrak kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm.F) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk) memiliki kelarutan dalam air, metanol dan aseton, mempunyai titik didih sebesar 850C, massa jenis sebesar 0,77 gr/mL dan memutar bidang polarisasi ke kanan (dekstrotatori). Hasil skrining fitokimia diperoleh ekstrak kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm.F) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk) mengandung kelompok senyawa flavonoid, saponin, tanin dan triterpenoid. Hasil identifikasi IR menunjukkan gugus fungsi -OH alifatik dan – OH aromatik, C-H alifatik dan C-H aromatik, ulur C=C, C=O keton, ulur C-H, ulur C-O, -O-CH3, -C=O aromatik, -C=C aromatik. Hasil identifikasi GC-MS diperoleh ekstrak kombinasi Kulit Batang Pohon Kehulek (Ficus septica Burm.F) dan Kulit Batang Pohon Kelor (Moringa oleifera Lamk) mengandung senyawa asam asetat (acetic acid), 1-hidroksi, 2-propanon (2-propanone, 1- hydroxy), fenol (phenol), asam benzoat (benzoic acid), 1,2-Benzenadiol (1,2-benzenediol), asam metil ester, heksadekanoat (Hexadecanoic acid, methyl ester), asam heksadekanoat (Hexadecanoic acid), asam metil ester, 12-oktadekanoat (12-Octadecenoic acid, methyl ester), asam 9,12- oktadekadinoat (9,12-Octadecadienoic acid), asam 9-oktadekanoat (9-Octadecenoic acid).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak kombinasi kulit batang pohon kehulek dan kulit batang pohon kelor, identifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:04
Last Modified: 13 Jan 2023 01:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10867

Actions (login required)

View Item View Item