Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi NTT Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Lasiana Kota Kupang Pasca Covid-19

AFNI, Irene Nurti (2023) Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi NTT Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Lasiana Kota Kupang Pasca Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (912kB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis mengangkat dua rumusan masalah yakni pertama, apa strategi promosi Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di pantai lasiana Kota Kupang dan apa yang menjadi faktor pendukung, penghambat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan teori tentang strategi promosi pariwisata oleh Rambat Lupiyoadi, dimana terdapat tiga indikator dari strategi promosi, yaitu identifikasi target audience, rancangan pesan dan pemilihan media. Untuk memperoleh gambaran tentang strategi promosi Dinas Pariwisata Provinsi, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpul berdasarkan dari hasil wawancara peneliti dengan informan dan dokumentasi. Informan penelitian adalah adalah kepala dinas pariwisata, kepala bidang destinasi pariwisata, seksi promosi, kepala bidang pemasaran dan seksi analisa pasar. Hasil penelitian dapat dilihat dari beberapa indikator, yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam skripsi yang dibuat oleh penyusun, adapun indikator atau komponen tersebut antara lain: (1) identifikasi target audience: Dalam menentukan targert audince Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT hal yang dilakukan adalah dengan melihat apa yang menjadi keunggulan dari objek wisata pantai lasiana. (2) rancangan pesan, dalam merancang pesan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kretif Provinsi NTT yaitu penggunaa kalimat yang disampaikan harus menarik perhatian pengunjung dengan melihat keindahan objek wisata pantai lasiana. (3) pemilihan media: pemilihan media yang digunakan adalah, media cetak seperti brosur, booklet, phamplet, baliho dan poster sedangkan untuk media online yaitu website, facebook, instagram, youtube. Kemudian faktor yang mempengaruhi dalam dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, seperti faktor pendukung: objek wisata, sarana dan prasarana. Faktor penghambat: dana, bahasa, sumber daya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi,Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Irene Nurti Afni
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:38
Last Modified: 19 Jan 2023 02:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item