LONGA LOU, Octavianus Albertus (2023) Efektivitas Pelayanan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (504kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (862kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Efektivitas Pelayanan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada”. Masalah pokok yang diangkat yaitu bagaimana pelayanan perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelayanan pembuatan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelayanan e-KTP di Dispendukcapil Kabupaten Ngada, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan pembuatan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada. Kerangka teori yang digunakan untuk menjelaskan masalah pokok penelitian dibangun dari konsep yang memuat ukuran efektivitas menurut Campbell J.P (1989) yang menyebutkan ukuran efektivitas dapat dilihat melalui 5 poin diantaranya adalah keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, serta pencapaian tujuan menyeluruh. Namun dalam penelitian ini penulis menggunakan 3 ukuran efektivitas saja, yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran dan kepuasan terhadap program. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pelayanan e-ktp pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngada secara umum dikatakan baik namun belum bisa disebut efektif. Hal ini karena dalam memberikan pelayanan pembuatan e-KTP sering mengalami kendala. Sehingga menyebabkan masyarakat menunggu dalam waktu yang lama untuk bisa mengambil e-KTP yang berhasil dicetak. Selain itu adapun faktor yang menghambat aktivitas pelayanan diantaranya adalah kendala jaringan yang sering terganggu, tidak stabil atau bahkan tidak ada sama sekali sehingga memperpanjang waktu pelayanan, listrik yang sering padam, serta tinta ribon dan blangko e-KTP yang sering habis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diajukan adalah bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu melengkapi sarana dan prasarana penunjang pelayanan dan meningkatkan ketanggapan pegawai dalam memberikan pelayanan, sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pelayanan, demi terciptanya pelayanan yang efektif yang memenuhi kebutuhan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan e-ktp |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | S.AP Octavianus Albertus Longa Lou |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 02:43 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 02:43 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10918 |
Actions (login required)
View Item |