Strategi Komunikasi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Menarik Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri Di Rangkat, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

SU, Willyam Aprianto (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Menarik Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri Di Rangkat, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Menarik Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri di Rangkat, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)”.Untuk mempromosikan produk-produkdimilikinya, Koperasi Simpan Pnjam Ayo Mandiri pun tidak terlepas dalam penggunaan komunikasi pemasaran, dengan mengggunakan model komunikasi pemasaran yang murah dan efektif dalam penggunaanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Koperasi Simpan Pinjam Dalam Menarik Anggota pada Koperasi Simpan Ayo Mandiri di Rangkat, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara mendalam dan penarikan kesimpulan dengan metode penelitian adalah studi kasus. Berdasarkan hasil wawancara dengan 6 orang informan yang terdiri dari Kepala Bagian Pemasaran, 2 orang staf marketing, dan 3 orang anggota koperasi serta hasil observasi yang ditemukan bahwa penggunaan komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri telah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diinginkan. Model komunikasi pemasaran yang dilakukan yakni Personal selling dengan melakukan penawaran secara langsung kepada calon anggota dan menggunakan word of mouh marketingdengan memanfaatkan anggota yang telah menerima manfaat menggunakan produk Koperasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, terdapat proses dalam melakukan personal sellingyakni: melakukan pendekatan, melakukan presentasi produk-produk, mengatasi keberatan dan menutup penjualan.Sedangkan dalam melakukan promosi word of mouthkoperasi Ayo Mandiri memanfaatkan anggota-anggotanya untuk mengajak teman, keluarga ataupun kerabatnya untuk menggunakan produk-produk layanan Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri. Adapun proses dalam melakukanword of mouth marektingyakni: Talker (anggota koperasi Ayo Mandiri), Topic (isi pesan berupa rekomenadi berupa pengalaman yang telah diterima selama menggunakan produk Koperasi.), Tools (alat yang digunakan untuk membantu pesan yakni brosur yang berisikan rincian setiap produk berserta ketentuan yang berlaku), Talking part (partisipasi setiap anggota dalam menjawab segala pertanyaan calon anggota terkait informasi produk Koperasi Ayo Mandiri). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri menggunakan strategi komunikasi pemasaran yakni personal selling dan word of mouth dalam mempromosikan produk-produk yang dimilikinya dengan menjelaskan mengenai manfaat setiap produk Koperasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh calon anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, personal selling dan word of mouth marketing, Koperasi Simpan Pinjam Ayo Mandiri.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom WILLYAM APRIANTO SU
Date Deposited: 24 Jan 2023 00:28
Last Modified: 24 Jan 2023 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item