Penyebab Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Angkatan 2019 Unwira Kupang)

HALDIS, Lidwina Elfindi (2023) Penyebab Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Angkatan 2019 Unwira Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Judul Skripsi “Penyebab Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Angkatan 2019 Unwira Kupang). Media sosial TikTok mendorong orang atau penggunanya memiliki perilaku narsisme karena di aplikasi TikTok dapat memenuhi kebutuhan tertentu yang ada dalam diri individu dimana pengguna merasa bebas dan senang mengekspresikan diri dibantu dengan fitur-fitur yang tersedia di media sosial TikTok. Melalui media sosial TikTok orang akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan diri mereka untuk bebas berekspresi karena tidak ada yang melihat ataupun menontonya secara langsung, sehingga dengan sound dan juga filter yang ada mampu mendukung pengguna media sosial TikTok untuk bebas menyampaikan isi hati serta perasaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa penyebab perilaku Narsisme pada mahasiswa program studi administrasi publik angkatan 2019 sebagai pengguna media sosial TikTok?. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penyebab perilaku narsisme pada mahasiswa program studi administrasi publik angkatan 2019 sebagai pengguna media sosial TikTok karena adanya kebutuhan dari dalam pribadi individu tersebut yang harus dipenuhi. Ketiga kebutuhan ini yaitu kebutuhan inklusi, kebutuhan kontrol dan kebutuhan afeksi. Kebutuhan inklusi yaitu seseorang yang selalu ingin menarik perhatian orang lain melalui konten-konten yang diupload di media sosial TikTok dan berusaha untuk selalu eksis serta tampil berbeda dari orang lain sehingga mendapat perhatian dan juga pujian dari pengguna media sosial TikTok lain. Kebutuhan kontrol, yaitu kebutuhan yang dimana seseorang individu ingin mengendalikan atau mengontrol pengguna media sosial TikTok lainnya melalui konten-konten yang unik dan menarik dengan menunjukan hal-hal yang ada dalam dirinya sehingga mendapakan pengakuan sosial. Sedangkan kebutuhan afeksi yaitu kebutuhan dimana seseorang berusaha untuk membangun hubungan personal yang lebih dekat dengan orang lain melalui konten-konten yang diupload media sosial TikTok Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa dari ketiga kebutuhan-kebutuhan ini, maka yang paling dominan menyebabkan orang berperilaku narsisme dalam menggunakan media sosial TikTok adalah kebutuhan kontrol karena pengguna media sosial TikTok mengupload konten-konten berupa video yang sedang trend di akun TikToknya dan berusaha untuk mengontrol ataupun mengendalikan orang lain sehingga mendapatkan pengakuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Narsisme, TikTok, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Lidwina Elfindi Haldis
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:13
Last Modified: 24 Jan 2023 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item