PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GANJILSMP SWASTA BERINGIN KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Ati, Inggrit Antonia Chrisanti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GANJILSMP SWASTA BERINGIN KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Pesawat SederhanaPada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016”? Secara terperinci rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelolakegiatan pembelajarandengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar(IHB) peserta didikdalam pembelajaran materi pokok Pesawat Sederhana dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung pada peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajarandenganmenerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016? 4) Bagaimana respon peserta didikterhadap kegiatan pembelajarandengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016? Tujuan umum penelitian ini adalah “Mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran langsung materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIII A Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Secara terperinci dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Langsung (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Langsung (3)Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Langsung (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Swasta Beringin Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung pada materi pokok Pesawat Sederhana (2) Kisi-kisi Tes Hasil Belajar Peserta Didik (THB) produk (3) Tes Hasil Belajar (produk, afektif, psikomotor), (4) Lembar isian respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Langsung. Data pengamatan dalam pengelolaan pembelajaran langsung dan tes hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data hasil penelitian yang digunakan yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil penerapan model pembelajaran langsung pada materi pokok Pesawat Sederhana adalah baik. Secara terperinci dapat diuraikan: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung pada materi pokok Pesawat Sederhana adalah baik pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan skor rata-rata 3,87, 3,84 dan 3,83 dengan kategori baik. (2) Ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan proporsi tujuh indikator hasil belajar yag disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥ 75% yakni mencapai 80%. Ketuntasan untuk indikator hasil belajar produk 0,92. (3) Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Langsung adalah tuntas. Tingkat pencapaian rata-rata untuk tes hasil belajar produk 0,89 (4) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran pada materi pokok Pesawat Sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Langsung adalah sangat baik dengan rata-rata persentase 93,30 dan memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan antara lain: 1) Sebagai guru perlu lebih banyak lagi untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, model pembelajaran, strategi serta metode yang tepat sehingga dapat mewujudkan suatu pembelajaran yang baik dan membangkitkan semangat belajar peserta didik. 2) Bagi sekolah, perlu menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat mengaktifkan peserta didik. 3) Dalam menerapkan model pembelajaran langsung, guru perlu menguasai materi secara baik agar mampu mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan secara baik dan benar. 4) Bagi guru mata pelajaran IPA fisika untuk menerapkan model pembelajaran langsung pada materi pokok Pesawat Sederhana agar peserta didik dapat mempelajari pengetahuan prosedural dan deklaratif secara baik. Dengan melihat hasil yang ada, penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Langsung dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan disesuaikan dengan karakteristik materi. Dalam menerapkannya guru perlu menguasai model pembelajaran ini serta memperhatikan pengelolaan waktu agar semua dikembangkan secara baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pengajaran Langsung, Pengukuran, Deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: ?? fisika ??
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:07
Last Modified: 15 Aug 2017 03:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item