Strategi Komunikasi Dalam Penyuluhan Tentang Pemakaian Pupuk Organik Bagi Petani Desa Pantulan Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang, NTT (Studi Kasus Strategi Komunikasi Penyuluhan pada Masyarakat Desa Pantulan)

NDARI, Marselinus (2023) Strategi Komunikasi Dalam Penyuluhan Tentang Pemakaian Pupuk Organik Bagi Petani Desa Pantulan Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang, NTT (Studi Kasus Strategi Komunikasi Penyuluhan pada Masyarakat Desa Pantulan). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Dalam Penyuluhan Tentang Pemakaian Pupuk Organik Bagi Petani Desa Pantulan Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang, NTT” (Studi Kasus Strategi Komunikasi Penyuluhan pada Masyarakat Desa Pantulan). Petani Desa Pantulan sedang menjalankan Program TJPS (Tanam Jagung Panen Sapi). Dalam menjalankan program ini, petani kesulitan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi dan memaksa mereka untuk menanfaatkan pupuk nonsubsidi yang mahal harganya. Melihat kenyataan ini seorang penyuluh pertanian mempunyai strategi komunikasi dalam memberikan informasi, edukasi dan persuasi kepada masyarakat agar dapat menjalankan program ini secara efektif serta ketahanan pangan tetap terjaga. Strategi komunikasi merupakan perpaduan antara perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi penyuluh tentang pemakaian pupuk organik pada petani Desa Pantulan, sesuai dengan hasil wawancara dan observasi bahwa ada beberapa strategi yang digunakan yaitu informatif, edukatif dan persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, artinya peneliti terlibat langsung dalam melakukan pengumpulan data baik dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu koordinator TJPS Kabupaten Kupang, Penyuluh Lapangan Desa Pantulan dan ketua kelompok tani di Desa Pantulan. Metode analisis data yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan penyuluh dalam penyuluhan tentang pemakaian pupuk organik adalah dengan memberikan informasi yang bermanfaat seputar kelangkaan pupuk bersubsidi dan mencari jalan keluar, memberikan edukasi dengan membeberkan fakta-fakta pertanian yang berkembang di daerah lain serta persuasif yaitu mengajak masyarakat untuk mengunjungi lahan pertanian lain yang sudah dianggap cukup berhasil. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh penyuluh dinilai cukup efektif, hal ini tidak terlepas dari strategi komunikasi penyuluh. Pada penelitian ini, peneliti juga memberikan saran agar dalam penyuluhan sebisa mungkin memanfaatkan media komunikasi dalam proses penyuluhan sesuai dengan latar belakang petani agar informasi yang disampaikan dapat diterima secara efektif. Kata kunci; Strategi Komunikasi, Penyuluhan, Informatif, Edukatif, Persuasif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Penyuluhan, Informatif, Edukatif, Persuasif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Marselinus Ndari
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:34
Last Modified: 26 Jan 2023 02:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item