Analisis Kinerja Pelayanan Administrasi Desa Di Desa Nagerawe Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo

BUPU, Maria Elisabet (2023) Analisis Kinerja Pelayanan Administrasi Desa Di Desa Nagerawe Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang: “Analisis Kinerja Pelayanan Administrasi Desa di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui KinerjaPelayanan Administrasi Desa di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Dalam penelitian ini menggunakan teori indikator kinerja pelayanan administrasi dari Agus Dwiyanto (2006:50-51) dimana terdapat tiga indikator yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu produktivitas, kualitas layanan dan responsivitias. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan Kinerja Pelayanan Administrasi Desa di Kantor Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Pegawai Desa dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pelayanan Administrasi Desa Di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo belum cukup baik. Dilihat dari hasil penelitian tentang produktivitas kerja pegawai desa dalam melakukan pelayanan administrasi kepada masyarakat dapat dikatakan belum cukup baik. Dilihat dari kemampuan pegawai desa dalam menyelesaikan surat sering terlambat karena sarana yang ada dikantor desa belum cukup memadai. Dari hasil penelitian kualitas layanan dalam proses pembuatan surat dapat dikatakan kurang baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia, keterlambatan pegawai desa untuk ke kantor, kondisi ruangan yang kurang kondusif dan kurangnya sarana dan prasarana pendukung. Untuk responsivitas pegawai desa dalam menanggapi keluhan masyarakat dilihat dari kecepatan menanggapi keluhan masyarakat dikatakan cukup baik, karena aparat cukup responsif selama proses pelayanan berlangsung. Namun yang menjadi perhatian saat ini adalah masih ada masyarakat yang belum mengetahui persyaratan dalam proses pengurusan surat, hal ini dikarenakan aparat desa tidak menyediakan papan informasi di kantor desa. Dan juga aparat desa yang bertugas masih sering terlambat datang ke kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, PegawaiDesa, Pelayanan Administrasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Elisabeth Bupu
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:39
Last Modified: 26 Jan 2023 02:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item