Penggunaan Humor Sebagai Media Komunikasi Yang Persuasif Pada Iklan (Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Pada Iklan Shampo Head And Shoulders Versi Joe Taslim Dan Fadil Jaidi Dalam YouTube)

DOPO, Maria Apriliyani Lado (2023) Penggunaan Humor Sebagai Media Komunikasi Yang Persuasif Pada Iklan (Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Pada Iklan Shampo Head And Shoulders Versi Joe Taslim Dan Fadil Jaidi Dalam YouTube). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Penggunaan Humor sebagai Media Komunikasi yang Persuasif pada Iklan (Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce pada Iklan Shampo Head and Shoulders versi Joe Taslim dan Fadil Jaidi. iklan ini merupakan iklan shampo yang didalamnya memiliki unsur humor yang membuat iklan ini berdeda dari yang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanda (sign), acuan tanda (objek) dan penggunaan tanda (interpretant) penggunaan humor sebagai media komunikasi yang persuasif pada iklan shampoo Head and Shoulders yang di iklankan oleh Joe Taslim dan Fadil Jaidi dalam youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semioitik Charles Sandres Peirce dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian penulis menganalisis iklan dengan melihat adegan (scene) yang menampilkan penggunaan humor sebagai media komunikasi yang persuasif pada iklan dengan menggunakan semiotik Charles Sandrers Peirce. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data pada penggunaan humor sebagai media komunikasi pada iklan ini, yaitu tanda adalah screenshot pada iklan yang menampilkan humor didalamnya, objek adalah penjelasan terhadap adegan-adegan humor yang terdapat dalam iklan dan interpretan adalah penjelasan secara luas mengapa adegan tersebut dipilih. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam iklan Shampo Head and Shoulders ini terdapat makna tersirat yang disampaikan dalam iklan ini, yaitu iklan bisa menjadi media yang bisa membujuk para khalayak agar menyukainya dengan menambahkan unsur humor di dalam iklan. Peneliti juga memberikan saran agar dalam iklan-iklan komersial lainnya bisa menambahkan unsur humor dalam iklan yang mereka produksi agar memikat banyak konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Humor, Media Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Maria Apriliyani Lado Dopo
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:37
Last Modified: 31 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item