Motif Perundungan di Aplikasi WhatsApp berbasis Sticker (Studi Kasus Pada Grup WhatsApp Ilmu Komunikasi Unwira Angtan 2018) Jikom 18

KOBESI, Brigitha Ansila (2023) Motif Perundungan di Aplikasi WhatsApp berbasis Sticker (Studi Kasus Pada Grup WhatsApp Ilmu Komunikasi Unwira Angtan 2018) Jikom 18. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul motif perundungan di aplikasi WhatsApp berbasis sticker ( studi kasus pada grup WhatsApp Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2018) Jikom 18. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apa motif anggota grup Ilmu Komunikasi unwira Kupang angkatan 2018 melakukan perundungan dengan menggunakan stiker WhatsApp. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif- deskriptif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dihimpun melalui grup WhatsApp Jikom 18. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat motif perundungan berbasis stiker pada aplikasi WhatsApp yaitu: pembalasan atas penindasan, dominasi dan kekuasaan, merasa senang ketika mencederai dan mencari kesan keren. Selain menggunakan stiker dalam penelitian ini terdapat media lain yang di jadikan sebagai bahan untuk merundung seperti foto dan kata atau kalimat untuk merundung seseorang. Berdasarakan hasil penelitian maka saran yang di berikan oleh peneliti adalah mahasiswa yang tergabung di dalam grup Jikom 18 kiranya mulai memiliki kesadaran bahwa perundungan merupakan hal yang dilarang baik itu perundungan melalui stiker, foto maupun kata dan kalimat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motif, Perundungan, WhatsApp, Stiker
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Brigitha Ansila Kobesi
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 31 Jan 2023 01:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item