Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tunarungu (Studi Kasus Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Loura Sumba Barat Daya)

KOLI, Manfridus Wolo (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tunarungu (Studi Kasus Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Loura Sumba Barat Daya). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Komunikasi merupakan suatu hal yang mendasar dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi, manusia dapat belajar banyak hal secara terstruktur, yang kemudian berpengaruh juga dalam segala aspek pada dirinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui komunikasi, manusia menjadi semakin manusiawi. Dalam lingkungan belajar yang normal, komunikasi antara guru dengan peserta didik dilakukan secara formal dalam proses belajar mengajar, akan tetapi bagaimana dengan komunikasi antara guru terhadap murid yang mengalami keterbatasan fisik pada pendengaran (tunarungu) dalam proses pembelajaran?, Bagaimana pola komunikasi yang dibangun oleh guru?, dan sejauh mana metode itu diterapkan dalam proses belajar?. Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Tunarungu Sekolah Luar Biasa Negeri Loura” ini, secara komperhensif, menjelaskan dan menginterpretasikan bagaimana pola komunikasi yang dibangun dalam lingkungan Sekolah bagi anak berkebutuhan khusus (tunarungu). Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian adalah studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, recorder, dan auditing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif yang meliputi redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Pada hasil penelitian, penulis menjelaskan deskriptif objek hasil penelitian, profil tempat penelitian, hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pola komunikasi interpersonal guru dan murid tunarungu pada SLB Negeri Loura berkitan dengan empat pola komunikasi yaitu: pola komunikasi primer, sekunder, linear dan sirkuler sebagai indikator penelitian, penulis berkesimpulan bahwa pola yang paling biasa digunakan dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar oleh guru dan murid tunarungu pada Sekolah Luar Biasa Negeri Loura adalah pola komunikasi primer dan sekunder. Oleh sebab itu adapun saran dari penulis berkaitan dengan pola komunikasi interpersonal guru dan murid tunarungu agar dapat terlaksanan dengan baik ialah semua pihak baik itu guru, orang tua dan siswa harus memiliki pemahaman akan pentingnya pendidikan demi masa depan. Ketiga komponen ini menjadi elemen yang harus saling melengkapi dengan tanggung jawab masing-masing, semakin erat hubungan antara guru, orang tua dan siswa maka semakin baik sebuah lembaga pendidikan, karena pihak-pihak ini adalah sebuah kesatuan yang mendukung dan menciptakan lingkungan sekolah dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pola Komunikasi, Berkebutuhan Khusus (Tunarungu)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Manfridus Wolo Koli
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:40
Last Modified: 02 Feb 2023 00:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item