KEANG, Agustinus Bahar (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah Di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (963kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul ‘’Analisis Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah DI Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang (Studi kasus pada Kantor Badan Prtanahan Nasional Kota Kupang)’’ dengan tujuan menganalisis seluruh kegiatan pelayanan, serta fasilitas dan alat penunjang pelayanan sertifikat tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang. Untuk mencapai tujuan tersebut maka melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui dan memberi gambaran mengenai kualitas dari pelayanan sertifikat tanah yang ada pada kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang. Permasalahan yang ditemukan bahwa dalam kuaitas pelayanan sertifikat tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang masi ditemukan masalah-masalah yaitu lamanya waktu penerbitan sertifikat, adanya kasusu sertifikat ganda, kemudian banyak terdapat bidang tanah yang belum tersertifikasi di Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1.) waktu penerbitan sertifikat tidak menentu yang seharusnya 38 hari bisa melewati batas waktu tersebut hal ini menjadi complain paling banyak dari masyarakat pengguna jasa layanan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dalam kurun waktu dua tahun terakhir, 2.) Klaim dari pihak Kantor Badan Pertanahan Nasional mengatakan bahwa masih banyak terdapat bidang tanah di Kota Kupang Yang belum tersertifikasi. Saran dari penulis untuk Kantor Pertanahan Kota Kupang agar dapat lebih mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat pengguna jasa layanan, harus konsisten dalam waktu penerbitan sertifikat. Kantor Pertanahan Kota Kupang juga harus lebih banyak melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan, agar lebih banyak lagi tanah yang tersertifikasi. Kantor Pertanahan juga harus mempertahankan hal yang baik atau lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kualitas pelayanan sertifikat |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | S.AP Agustinus Bahar Keang |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11036 |
Actions (login required)
View Item |