Pengelolaan Kawasan Objek Wisata Danau Asmara Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur

AGUSTINUS, Adrianus (2023) Pengelolaan Kawasan Objek Wisata Danau Asmara Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengelolaan Kawasan Objek Wiasta Danau Asmara Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa ( PADes) Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur” yang menjadi latar belakang dari skripsi ini adalah upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Penelitian ini menggunakan konsep pengelolaan pariwisata oleh Andi Mapping Semmeng, dimana terdapat tiga variabel dari pengelolaan pariwisata, yaitu pengembangan, pengaturan dan kelembagaan. Untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan objek pariwisata Danau Asmara di Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskripsi-kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperloleh melalui dokumen-dokumen dari kantor desa Waibao serta dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Flores Timur terkait dengan penelitian ini. Informan penelitian ini adalah Ketua BPD Waibao, Ketua Pokdarwias, Kepala Desa Waibao, serta masyarakat di setiap objek wisata Danau Asmara. Hasil penelitian dapat dilihat dari beberapa indikator, yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam skripsi yang dibuat oleh penyusun, adapun indikator atau komponen tersebut antara lain: pertama, pengembangan potensi wisata yang meliputi Perencanaan pengembangan daya tarik wisata, peningkatan aksebilitas menuju daerah tujuan wisata, dan peningkatan koordinasi pengembangan daerah tujuan wisata, Pelaksanaan program pengembangan berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung di objek wisata dan pembiayaan program pengembangan objek wisata. Kedua Kelembagaan yang meliputi Koordinasi (organisasi/instansi) baik pemerintah, swasta maupun lembaga masyarakat upaya ini dilakukan agar pengembangan wisata terjadi keserasian dan kemudahan karena dalam pariwisata sangat terkait erat dengan sektor lainnya, promosi, upaya ini dilakukan agar apa yang diusahakan mendatangkan hasil yang maksimal dengan mengusahakan potensi wisata yang ada diketahui khalayak sehingga mau datang berkunjung ke obyek wisata. Pendidikan dan pelatihan upaya ini dilakukan agar pengelolaan pariwisata lebih baik dalam menjalankan tugasnya dan lebih baik pelayanannya kepada wisatawan. Ketiga Pengaturan, upaya ini dilakukan dalam rangka melindungi objek wisata Danau Asmara Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pariwisata, Pengembangan, Kelembagaan, Pengaturan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Adrianus Agustinus
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:32
Last Modified: 02 Feb 2023 03:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item