Pengaruh Kreativitas Non Aptitude dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

NEKU, Advensia (2016) Pengaruh Kreativitas Non Aptitude dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)

Abstract

Banyak peserta didik yang sulit memahami pelajaran kimia, khususnya pada materi pokok larutan penyangga. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor eksternal (pendekatan yang diterapkan) dan faktor internal, dalam hal ini kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah yang sangat penting terhadap hasil belajar. Untuk mengatasinya maka perlu diketahui kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik yang terdiri dari: (a) untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan scientific (b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2015/2016, (2) untuk mengetahui kreativitas non aptitude siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 tahun ajaran 2015/2016, (3) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2015/2016, (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan scientific siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2015/2016, dan (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan scientific siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan scientific dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok larutan penyangga, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,65, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,934, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,87, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,843, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,875, ketuntasan indikator kognitif 0,83, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,91, THB proses sebesar 0,893, presentase sebesar 0,82, dan portofolio sebesar 0,87. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–1 92,55, KI–2 85,78, KI–3 83,54, KI– 4 89,61, dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 86. (2) Kreativitas non aptitude siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang sangat tinggi dengan nilai sebesar 82,10 (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang baik dengan nilai sebesar 72,87 (4) Ada hubungan kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan scientific siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,917 dan nilai koefisien determinansi (D) = 84,1%, serta nilai t ≥ t atau 13,99 ≥ 2,042. (b) Ada hubungan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,533 dan nilai koefisien determinansi (D) = 28,4%, serta nilai t ≥ t atau 3,814 ≥ 2.042. (c) Ada hubungan kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,924 dan nilai koefisien determinansi (D) = 85,4%, serta nilai F ≥ F atau 106,75 ≥ 3,26. (5) Ada pengaruh kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan scientific siswa kelas XI IPA 5 SMAN 5 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada pengaruh kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 26,19 + 0,73x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 195,6 ≥ 4,11. (b) Ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 65,68 + 0,28x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 14,36 ≥ 4,11. (c) Ada pengaruh kreativitas non aptitude dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 22,598 + 0,681(x1) + 0,0675 (x2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 103 ≥ 3,26.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Non Aptitude, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, dan Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:58
Last Modified: 02 Feb 2023 05:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item View Item