Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Binawali-Kecamatan Aimere-Kabupaten Ngada

BUPU, Matilde (2023) Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Binawali-Kecamatan Aimere-Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB Ill.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang: “Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa di Desa Binawali, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja pegawai dalam Pelayanan Administrasi di desa binawali, kecamatan aimere, kabupaten ngada. Dalam penelitian ini menggunakan teori indikator kinerja pelayanan administrasi dari Agus Dwiyanto (2006:50-51) dimana terdapat tiga indikator yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu produktivitas, kualitas layanan dan responsivitias. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku- buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan Kinerja Pelayanan Administrasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Pegawai Desa dan Masyarakat sebagai pengguna layanan. Hasil penelitian ini menunjukan kinerja pegawai dalam pelayanan administrasi belum cukup baik. Hal ini dilihat dari hasil penelitian melalui indikator produktivitas mengenai kemampuan pegawai dalam menyelesaiakan surat yang dibutuhkan oleh masyarakat yang sering terlambat, hal ini disebabkan dari sarana dan prasarana yang disediakan belum memadai. Indikator kualitas layanan, dalam proses penyelesaian surat-surat dapat dikatakan masih cukup baik, hal ini disebabkan karena ketersediaan fasilitas kerja yang kurang memadai, kurangnya tingkat kedisiplinan pegawai serta minimnya tingkat pemahaman pegawai dalam pengoprasian leptop atau komputer. Indikator responsivitas pegawai dalam merespon setiap masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan sudah dikatakan sudah cukup baik, pegawai desa selalu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, walaupun kadang terjadi keterlambatan, serta pegawai juga selalu menerima semua keluhan- keluhan yang disampaiakan oleh masyarakat, walapun masih terdapat 1 atau 2 pegawai yang kadangkala cuek-cuek saja ketika ada masyarakat menyampaikan keluhan mereka mengenai pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pegawai Desa, pelayanan Administrasi Kpependudukan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Matilde Bupu
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:12
Last Modified: 02 Feb 2023 02:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item