Pola Komunikasi Kepala Desa Dengan Pengurus dan Anggota BUMDes (Studi Kasus di Desa Biau, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka)

TAE, Angela Maria Cornelia (2023) Pola Komunikasi Kepala Desa Dengan Pengurus dan Anggota BUMDes (Studi Kasus di Desa Biau, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (292kB)

Abstract

Skripsi Ini Berjudul “Pola Komunikasi Kepala Desa Dengan Pengurus dan Anggota BUMDes (Studi Kasus di Desa Biau, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka)”. Dalam proses komunikasi terdapat istilah komunikasi langsung dan komunikasi bermedia. Komunikasi langsung merupakan proses penyampaian pesan atau informasi antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara tatap muka atau secara langsung tanpa menggunakan media. Dalam proses komunikasi langsung, dikenal juga istilah komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Sedangkan komunikasi bermedia merupakan proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain menggunakan media, baik media cetak maupun media elektronik. Dalam berkomunikasi dengan pengurus dan anggota BUMDes Biau, kepala desa menggunakan komunikasi langsung dan komunikasi bermedia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi antara kepala desa dengan pengurus dan anggota BUMDes di Desa Biau, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara mendalam. Informan atau narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala desa dan pengurus serta anggota BUMDes Biau, dengan menggunakan empat memiliki indikator yaitu pola komunikas primer, sekunder, linear dan sirkuler. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan metode penelitian adalah studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, berdasarkan hasil wawancara dengan 6 orang informan yang terdiri dari kepala desa, 3 orang pengurus dan 2 orang anggota BUMDes, serta hasil observasi ditemukan bahwa pada komunikasi antara kepala desa dengan pengurus dan anggota BUMDes telah berjalan cukup baik dan lancar. Salah satunya dengan melakukan komunikasi secara langsung atau bertatap muka yang berjalan melalui tegur sapa, baik dalam rapat, diskusi maupun dalam lingkungan kerja. Dalam berkomunikasi kepala desa menggunakan media atau sarana seperti surat resmi yang digunakan untuk menginstruksikan kepada pengurus dan anggota apabila ada kegiatan rapat. Selain surat resmi, kepala desa juga berkomunikasi menggunakan telepon dan aplikasi seperti whatshap. Komunikasi yang terjadi antara kepala desa dengan pengurus dan anggota BUMDes berlangsung secara dinamis dimana terdapat feedback / umpan balik dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, Komunikasi antara kepala desa dengan pengurus dan anggota BUMDes harus dijaga sehingga tercipta hasil kerja yang baik, karena dengan adanya komunikasi yang baik dan terbuka antara kedua belah pihak dapat mempermudah dalam proses pelaksanaan setiap program kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Kepala Desa, Pengurus dan Anggota BUMDes
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Angela Maria Cornelia Tae
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:34
Last Modified: 06 Feb 2023 02:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11106

Actions (login required)

View Item View Item