Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Bina Karya Atambua Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2016/2017

SERAN, Reneldis Paula (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Bina Karya Atambua Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran dan rendahnya mutu pembelajaran IPA Biologi. Dalam hal ini siswa tidak diajarkan strategi belajar yang dapat memahami bagaimana cara belajar yang baik, berpikir kritis dan kreatif. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan IPA Biologi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division dimana siswa selalu diberi motivasi untuk saling membantu dan membelajarkan teman sekelompoknya dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran koperatif pendekatan student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Bina Karya Atambua tahun ajaran 2016/2017 dengan Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (THB) lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran pendekatan student teams achievement division untuk menilai kemampuan guru serta lembar pengamatan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung data di kumpulkan melalui observasi dari tes dan di analisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitiannya menunjukan: (1) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 84,5 (2) Ketuntasan klasikal 95% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,85 (4) sensitivitas butir soal 0,51 (5) Peningkatan sebesar 51 (6) kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran baik dengan skor rata-rata 3,32 (6) aktivitas siswa baik dan yang paling menonjol adalah berdiskusi yaitu 24,51%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII A pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Bina Karya Atambua Kabupaten Belu tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD), One Group Pretest-Posttest Design, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:25
Last Modified: 02 Feb 2023 07:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item