Pengaruh Kemampuan Sosial dan Kreativitas (Aptitude) Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

NGONGO, Herlina (2016) Pengaruh Kemampuan Sosial dan Kreativitas (Aptitude) Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal pada pelajaran kimia, khususnya pada materi hidrolisis garam. Faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain faktor eksternal yaitu pendekatan yang diterapkan dan faktor internal yaitu diantaranya kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude). Dimana faktor tersebut sangat penting terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok hidrolisis garam, yang terdiri dari : (a) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan scientific, (b) Untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016, (c) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016, (2) Untuk mengetahui kemampuan sosial siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016, 3) Untuk mengetahui kreativitas (aptitude) siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016, 4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016, 5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan scientific dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok hidrolisis garam, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,80, (b) Indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific adalah tuntas yang ditunjukan dengan sikap spiritual tuntas dengan skor angket 0,85 dan observasi 0,83, sikap sosial tuntas dengan skor angket 0,82 dan observasi 0,85, kognitif tuntas dengan skor sebesar 0,85, aspek ketrampilan tuntas dengan skor psikomotor 1, THB proses 0,92, Presentasi 0,79 dan portofolio 0,82. (c) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific adalah tuntas yang ditunjukan dengan sikap spiritual tuntas dengan skor 84, sikap sosial tuntas dengan skor 84, kognitif tuntas dengan skor 85, aspek ketrampilan tuntas dengan skor 88, (2) Kemampuan sosial siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang berada pada ketegori sangat baik yaitu 86, (3) Kreativitas (aptitude) siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang berada pada kategori sangat kreatif yaitu 86, (4) Ada hubungan antara kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan kemampuan sosial terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,543 dan nilai koefisien determinasi (D) = 29,5% serta thitung ≥ ttabel atau 3,235 ≥ 2,060, (b) Ada hubungan kreativitas (aptitude) terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,425 dan nilai koefisien determinasi (D) = 18% serta nilai thitung ≥ ttabel atau 2,361 ≥ 2,060, (c) Ada hubungan kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisisen korelasi (rx1x2y) = 0,579 dan nilai koefisien determinasi (D) = 33,5% serta Fhitung ≥ Ftabel atau 3,05 ≥ 3,40, (5) Ada pengaruh kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 6 Kupang yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada pengaruh kemampuan sosial terhadap hasil belajar dengan menerappkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 34,439 + 0,60x dan nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 10,468 ≥ 4,24, (b) Ada pengaruh kreativitas (aptitude) terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 56,702 + 0,34x dan Fhitung ≥ Ftabel atau 5,52 ≥ 4,24, (c) Ada pengaruh kemampuan sosial dan kreativitas (aptitude) dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 28,542 + 0,48x1 + 0,18x2 dan Fhitung ≥ Ftabel atau 6,051 ≥ 3,40.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sosial, Kreativitas (aptitude), Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, dan Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:49
Last Modified: 02 Feb 2023 07:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item