Pengaruh Keterampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas XH SMA Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

MAWUNG, Herliana (2016) Pengaruh Keterampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas XH SMA Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)

Abstract

Keterampilan proses adalah kemampuan atau kecakapan untuk melaksanakan suatu tindakan dalam belajar sehingga menghasilkan konsep, teori, prinsip, hukum maupun fakta atau bukti dan mampu mengembangkan konsep, teori, prinsip, dan fakta yang telah ada dalam suatu kegiatan ilmiah, sedangkan Kreativitas non aptitude adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada. Pendekatan pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga,warga negara dan pekerja. Masalah umum dari skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X.H SMAN 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016?. Adakah hubungan keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X.H SMAN 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016?. Adakah pengaruh keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X.H SMAN 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016?Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X.H SMAN 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016, mengetahui ada tidaknya hubungan keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar dan mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelolaan Pembelajaran Pendekatan pembelajaran kontekstual) (2) Lembar pengamatan sikap spritual dan sikap sosial (3) Lembar Tes Hasil Belajar Siswa (4) Lembar pengamatan psikomotor, portofolio, presentase, dan THB proses (5) THB keterampilan proses, dan Angket kreativitas non aptitude. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor 3,89 dan reliabilitas 97% (2) ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,88, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,83, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,84, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,88, ketuntasan indikator kognitif 0,88, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,93, ketuntasan indikator THB proses 0,90, ketuntasan presentase 0,88, ketuntasan portofolio 0,93 (3) ketuntasan hasil belajar KI-1 91, KI-2 87,02, KI-3 83, KI-4 88. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses viii (dengan instrument tes) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX1y = 0,95, Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas non aptitude (dengan instrument angket) dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai rX2y = 0,81, b. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses dan kreativitas non aptitude dengan hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai dari = 0,95. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ŷ = 61,48 + 0,339 , b. Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ŷ = 75,98 + 0,17 , c. Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan proses dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai persamaan regresi ganda = 51,75 + 0,36 + 0,095 . Pendekatan pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk siswa kelas X.H SMAN 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Kreativitas Non-Aptitude, Pendek atan Pembelajaran Kontekstual dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:10
Last Modified: 02 Feb 2023 08:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item