Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang (Cross Word Puzzle) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMPK. Sta Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

LAJU, Delfiana (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang (Cross Word Puzzle) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMPK. Sta Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, guru kurang menerapkan variasi, strategi dan model pembelajaran yang inovatif, guru lebih suka menggunakan model pembelajaran yang sudah dikuasai. Akibatnaya siswa cendrung malas, kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran dalam kelas dan pembelajaran menjad itidak menyenangkan sehingga berpengaruh pada minat dan motivasi belajar siswa serta berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas peneliti mencoba menawarkan penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama kelompok. Siswa di bentuk kedalam kelompok-kelompok kecil untuk bekerja sama memecahkan suatu permasalahan. Sedangkan pendekatan Numbered Heads Together merupakan jalan yang paling efektif untuk meningkatakan kreatifitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together dengan menggunakan media Teka-Teki Silang (CROSS WORD PUZZLE) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan teknik pengumpulan data digunakan menggunakan observasi dantes. Data yang digunakan untuk di analisis yaitu data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa, dan data kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa (85,80) dan ketuntasan klasikal (100%). Rerata Ketuntasan proporsi indicator (0,86) , dan rerata sensitivitas butir soal (0,37) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata ketuntasan reliabilitas instrument aktivitas siswa (98,00), dan rarata ketuntasan pengelolahan pembelajaran oleh guru (3,40) dengan rerata ketuntasan reliabilitas instrumennya (97,3701). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together dengan menggunakan media Teka-Teki Silang (CROSS WORD PUZZLE) efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Teka-Teki Silang, Hasil belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 08 Feb 2023 23:50
Last Modified: 08 Feb 2023 23:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item