Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

LAGAN, Sipriani Valeria Keron (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (326kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang berinteraksi dengan guru maupun dengan teman sekelasnya ketika kesulitan memahami materi yang diajarkan maupun menyelesaikan soal yang diberikan dan siswa lebih banyak diam mendengar informasi tanpa memahami informasi untuk menghubungkan dengan kehidupan sehari-harinya. Hal inilah yang berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa rendah serta berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti menawarkan solusi dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara kelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok-kelompok kecil untuk berkerjasama. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa (90,25%), dan ketuntasan klasikal (95%). Rerata ketuntasan proporsi indikator (0,92), dan rerata sensitivitas butir soal (0,61) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata ketuntasan reliabilitas instrumen aktivitas siswa (93,73%), dan rerata ketuntasan pengelolaan pembelajaran oleh guru (3,78) dengan rerata ketuntasan Reliabilitasnya adalah (99,88%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization, Hasil Belajar, Organisasi Kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 08 Feb 2023 23:53
Last Modified: 08 Feb 2023 23:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item