Komunikasi Budaya Dalam Acara Peminangan (Pae Mama) Suku Kemak Leosibe (Studi Komunikasi Budaya Acara Peminangan Suku Kemak Leosibe, Desa Tohe, Kabupaten Belu)

BARRETO, Sonya Dos Santos (2023) Komunikasi Budaya Dalam Acara Peminangan (Pae Mama) Suku Kemak Leosibe (Studi Komunikasi Budaya Acara Peminangan Suku Kemak Leosibe, Desa Tohe, Kabupaten Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Komunikasi Budaya Dalam Acara Peminangan (Pae Mama) Suku Kemak Leosibe (Menggunakan Metode Studi Komunikasi Budaya)”. Peminangan (Pae Mama) masih di junjung tinggi oleh masyarakat dari generasi ke generasi karena terikat dengan hukum - hukum adat yang wajib ditaati oleh segenap masyarakat. Setiap pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan wajib melakukan ritual adat Peminangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang proses acara Peminangan suku Kemak Leosibe. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi budaya dalam acara Peminangan suku Kemak Leosibe. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitaif. Penggunaan studi komunikasi budaya ini akan memberikan jalan kepada peneliti untuk mengetahui secara mendalam tentang ritual adat acara peminangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Identitas Budaya (Stuard Hall), digunakan untuk menjelaskan identitas dari suku Kemak Leosibe. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi dalam ritual adat peminangan suku Kemak Leosibe terdiri dari tiga tahapan yaitu Sebelum Peminangan, Peminangan dan Sesudah Peminangan. Ketiga tahap ini mengandung makna yaitu : makna persaudaraan, makna religi dan makna solidaritas. Simpulan dari penelitian ini bahwa Acara Peminangan dalam Suku Kemak Leosibe adalah sebuah proses komunikasi budaya yang mengandung makna Persaudaraan, makna religi dan makna solidaritas. Selain itu, Peminangan wajib dilakukan oleh setiap pasangan sebelum menikah. Kata Kunci: Acara Adat Peminangan (Pae Mama) Suku Kemak Leosibe, Komunikasi budaya, Proses peminangan, Teori Identitas Budaya Stuard Hall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Acara Adat Peminangan (Pae Mama) Suku Kemak Leosibe, Komunikasi budaya, Proses peminangan, Teori Identitas Budaya Stuard Hall.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Sonya Dos Santos Barreto
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:46
Last Modified: 08 Feb 2023 07:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item