Kinerja Pemerintah Desa Dalam Kebijakan Pemulihan Ekonomi Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 Di Desa Wolowea Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo

LELE, Yohanes Marianus (2023) Kinerja Pemerintah Desa Dalam Kebijakan Pemulihan Ekonomi Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 Di Desa Wolowea Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V1.pdf

Download (221kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kinerja Pemerintah Desa dalam Kebijakan Pemulihan Ekonomi Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 di Desa Wolowea Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Adapun yang menjadi masalah pokok dalam penulisan ini adalah “bagaimana kinerja pemerintah desa dalam penanganan pemulihan ekonomi keluarga miskin terpapar Covid-19 di Desa Wolowea Timur”. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kinerja Pemerintah Desa dalam pemulihan ekonomi keluarga miskin terpapar Covid-19 di Desa Wolowea Timur. Kerangka teori yang digunakan untuk menjelaskan masalah pokok penelitian dibangun dari konsep yang memuat tingkat kinerja menurut Agus Dwiyanto (2006) yang menyebutkan tingkat kinerja dilihat dari 5 (lima) poin diantaranya: Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Metode yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Kinerja Pemerintah Desa dalam Kebijakan Pemulihan Ekonomi Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 di Desa Wolowea Timur, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, yang di ukur dengan (1) Produktivitas: adanya ketepatan sasaran dalam penanganan pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid. (2) Kualitas layanan: adanya sikap dan profesonalisme kerja pemerintah desa, dan tingkat pemahaman terhadap regulasi penanganan pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid. (3) Responsivitas: adanya ketersediaan kesempatan dan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan saran dan keluhan masyarakat (4) Responsibilitas: adanya kesesuaian kebijakan pemerintah desa dengan regulasi pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid (5) Akuntabilitas: Keterbukaan pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid kepada masyarakat dan faktor pendukung dan penghambat dalam pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid secara umum dikatakan baik dikarenakan dalam pemulihan ekonomi keluarga miskin terdampak covid Pemerintah Desa Wolowea Timur sudah mengikuti semua regulasi yang berlaku . Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat di ajukan oleh penulis untuk Pemerintah Desa Wolowea Timur dalam Kebijakan Pemulihan Ekonomi Keluarga Miskin Terdampak Covid yaitu perlu lebih memperhatikan transparansi dalam mekanisme penjaringan masyarakat miskin terdampak covid serta koordinasi antar instansi pemerintahan yang lebih baik supaya dapat meminimalisir kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kebijakan, Keluarga Miskin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Yohanes Marianus Lele
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:44
Last Modified: 08 Feb 2023 06:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item