Evaluasi Penatausahaan Dan Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDK. St. Herman Yosef Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende

DIN, Stefania Karunia Teo (2023) Evaluasi Penatausahaan Dan Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDK. St. Herman Yosef Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (405kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penatausahaan dana BOS pada SDK St.Herman Yosef Paupire sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis pengelolaan Dana BOS Reguler ?dan 2) Apakah pelaporan dana BOS pada SDK St.Herman Yosef Paupire sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis pengelolaan Dana BOS Reguler. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penatausahaan dana BOS pada SDK St.Herman Yosef Paupire sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis pengelolaan Dana BOS Reguler, dan 2)Untuk mengetahui pelaporan dana BOS pada SDK St.Herman Yosef Paupire sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis pengelolaan Dana BOS Reguler. Penelitian ini dilakukan pada SDK.St.Herman Yosef Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini,terdiri atas 2 jenis yaitu data menurut sumber dan jenis data menurut sifat.Jenis data menurut sumber terdiri atas data primer dan data sekunder,sedangkan jenis data menurut sifat terdiri dari data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah waawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penatausahaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SDK.St.Herman Yosef Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende belum sepenuhnya dijalankan sesuai dengan peraturan antara lain seperti dalam proses penginputan, sekolah belum melakukannya dengan waktu yang sudah ditentukan.Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SDK.St.Herman Yosef Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende yaitu mempertanggungjawabkan kepada pemerintah dengan memberikan laporan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada setiap akhir periode. Adapun pihak-pihak yang diberikan laporan Dana Bantuan Opersasional Sekolah adalah Kementrian dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende,Sekolah juga melakukan publikasi berupa penjelasan pada sosialisasi saat rapat. Untuk pelaporan khususnya dalam transparansi penggunaan dana BOS, peneliti menemukan bahwa sekolah ini tidak menyediakan papan informasi atau spanduk atas penggunaan dana BOS. Saran dari penelitian adalah bagi SDK.St.Herman Yosef Paupire dalam penatausahaan dana BOS sekolah diharapkan mengikuti segala prosedur pelaksanaan penatausahaan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan antara lain, pelaporan harus lebih ditingkatkan transparansi dalam penggunaan dana BOS,yaitu dengan menyediakan papan informasi atau spanduk informasi mengenai penggunaan dana BOS agar semua pihak dengan pertimbangan bahwa pihak tersebut berhak mengetahui penggunaan dana BOS yang sudah dikelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penatausahaan, Pelaporan, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Stefania Karunia Teo Din
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:43
Last Modified: 09 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item