Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Bomari, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada

DARA, Yohanes Kelvin (2023) Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Bomari, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Desa merupakan sebuah entitas sosial politik yang memiliki karakteristik unik dalam struktur formal kelembagaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu faktor penting dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan suatu desa adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Penyusunan APBDes harus dilakukan berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Kajian penelitian ini diarahkan pada partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBDes di era otonomi desa sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Bomari, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Perencanaan pembangunan desa yang baik dilakukan oleh masyarakat desa sendiri, karena masyarakat yang tahu masalah yang dihadapinya, potensi yang ada di wilayahnya dan mereka yang tahu yang harus dilakukannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara kepada aparat desa dan sebagian masyarakat yang dianggap mampu memberikan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, partisipasi masyarakat di Desa Bomari dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kurang berjalan secara optimal dikarenakan kegiatan musyawarah desa terkait penyusunan APBDes hanya melibatkan kepala desa beserta perangkatnya saja dan faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pendidikan yang yang tergolong rendah, tingkat pendapatan dan jenis pekerjaan, kurang pedulinya masyarakat dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: partisipasi masyarakat, APBDes.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Yohanes Kelvin Dara
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:28
Last Modified: 09 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item