Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Bagi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Kepadatan Populasi di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

DA SILVA, Longginus (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Bagi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Kepadatan Populasi di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak diberdayakan untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga efek yang timbul akan berpengaruh pada siswa itu sendiri. Siswa hanya menghafal konsep tanpa memahami konsep tersebut. Dampak selanjutnya siswa pasif, malas berpikir, kesulitan dalam berkomunikasi, kesulitan dalam menjawab pertanyaan guru, dan kesulitan untuk bertanya. Hal inilah yang berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan kenyataan di atas maka penulis menawarkan solusi dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang dapat dipilih sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Jigsaw. Penggunaan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Jigsaw dalam pembelajaran, penekananya pada bagaimana caranya memperlakukan siswa sebagai mitra dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi bagi siswa kelas VII pada materi pokok kepadatan populasi di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen. Dengan desain penelitianya adalah one group pretest-posttest design. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Dan data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, Tuntas (83,75) dan secara klasikal, tuntas (90%). Rerata Indikator 0,82 (Tuntas), dan sensivitas butir solnya 0,43 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrument aktivitas siswa 94,68% (baik), skor rata – rata guru dalam mengelola pembelajaran 3,75 (baik), dan reliabilitas instrumennya 94,24% (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok kepadatan populasi di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Hasil Belajar, Kepadatan Populasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 00:14
Last Modified: 09 Feb 2023 00:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item