LANCA, Valdianus (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Ke VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (949kB) |
Abstract
Salah satu masalah yang ditemukan di SMP N 2 Kupang adalah kurang berperan aktifnya siswa dalam menerima pelajaran yang menyebabkan mereka tidak terlatih untuk menganalisa dan membuat pemecahan masalah dalam mengerjakan soal-soal sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini, dicarikan solusi melalui pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share yang inovatif. Namun apakah pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang. Untuk itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul uji efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif mealui pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang Tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian one group preetest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes serta analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1). Hasi belajar siswa mencapai rata-rata 86,83, (2). Ketuntasan klasikalnya 96,7 % (3) . Rata-rata ketuntasan proporsi indikator 0,86 (4). Sensitivitas butir soal 0,46 ≥ 0,30. (5). Kemampuan guru baik dengan skor 3,84 serta aktivitas siswa yang paling menonjol yaitu saat mengerjakan LKS dengan rata-rata 23,06%. Dari hasil analisis, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share, materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia, dan hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:12 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:12 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11290 |
Actions (login required)
View Item |