Efektivitas Penggunaan Teknik Reinforcement Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

PENMABI, Juliana M. (2016) Efektivitas Penggunaan Teknik Reinforcement Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Judul skripsi : Efektivitas Penggunaan Teknik Reinforcement (Penguatan) Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Menyampaikan PendapatPada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan teknik reinforcement melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan aktivitas menyampaikan pendapat dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan teknik reinforcement melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan aktivitas menyampaikan pendapat siswa – siswi saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan panduan treatment. Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline 1 (A1) dan Baseline 2 (A2) serta menggambarkannya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan / trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase sesudah treatment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan teknik reinforcement (Penguatan) melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menyampaikan pendapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan perubahan level kecenderungan arah yakni dari terendah hingga tertinggi pada fase sesudah treatment. Dari hasil penelitian tersebut hipotesis nol (Ho) yang berbunyi penggunaan teknik reinforcement melalui layanan bimbingan kelompok tidak efektif meningkatkan aktivitas menyampaikan pendapat siswa kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016, ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan penggunaan teknik reinforcement melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan aktivitas menyampaikan pendapat siswa kelas VIII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016, diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran sebagai berikut: 1) Guru BK, diharapkan dengan hasil penelitian ini dijadikan bahan masukan untuk lebih memperhatikan dan membimbing siswa, agar selalu aktif menyampaikan pendapat dengan menggunakan teknik reinforcement melalui bimbingan kelompok. 2) Guru mata pelajaran, hendaknya lebih tegas dalam memberikan bimbingan dan penguatan agar siswa selalu aktif menyampaikan pendapat dalam mengikuti proses pembelajaran. 3) Siswa perlu mengetahui bahwa aktivitas menyampaikan pendapat adalah penting dalam mengikuti proses pembelajaran, selain prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:17
Last Modified: 09 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item