Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Pergaulan Dengan Teman Sebaya ( Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

GILI, Maria Yasintha Mau (2016) Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Pergaulan Dengan Teman Sebaya ( Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Pergaulan dengan Teman Sebaya (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa SMP Negeri 4 Kupang kelas VIII-B tahun pelajaran 2015-2016? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tertulis dengan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment dengan tingkat kepercayaan 95% . Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan r-hitung (0,860) lebih besar dari r-tabel (0,413) pada tingkat kepercayaan 95%, dengan db=25-2=23 (db=N2). Dengan demikian hipotesis nol (Ho) yang mengatakan tidak ada hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang mengatakan ada hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran2015/2016 diterima. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa ada hubungan antara penyesuaian diri dan pergaulan dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengemukakan saran-saran sebagai berikut: 1) Kepala Sekolah, bersama-sama dengan guru lebih memperhatikan penyesuaian diri siswa dalam bergaul antara sesama teman baik di dalam maupun di luar sekolah agar tidak menimbulkan pergaulan yang merugikan siswa. 2) Para Guru, lebih memperhatikan penyesuaian diri di dalam kelas sehingga guru dapat memahami siswa dalam pergaulan. 3) Konselor, lebih memperhatikan siswa dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa dalam bentuk layanan informasi tentang penyesuaian diri dan pergaulan teman sebaya. 4) Bagi Siswa, diharapkan agar siswa lebih meningkatkan penyesuaian diri yang positif dalam dirinya sehingga pergaulan di antara siswa dapat terlaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:19
Last Modified: 09 Feb 2023 01:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item