Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa/I SMPK Adisucipto Penfui Kupang (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa/Siswi Kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

BODI, Karolina (2016) Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa/I SMPK Adisucipto Penfui Kupang (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa/Siswi Kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan Antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah umum Apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016? Masalah khusus apakah ada hubungan antara kemampuan mengarahkan diri, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan mengatur diri dan kemampuan mengubah perilaku dengan prokrastinasi akademik siswa. Tujuan penelitian: Tujuan umum mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016, Tujuan khusus untuk mengetahui hubungan antara kemampuan mengarahkan diri, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan mengatur diri, dan kemampuan mengubah perilaku dengan prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment dari Pearson. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) kontrol diri dan variabel terikat (Y) prokrastinasi akademik. Sampel dari penelitian ini adalah siswa/i kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Sampel uji coba instrumen adalah siswa/i kelas VII-B yang berjumlah 25 orang. Hasil analisis data penelitian diketahui rhitung = 0.485. Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db/df)= N-2 (25-2 = 23), yaitu 0.413. Jadi, rhitung > r tabel dengan demikian hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2015/2016, serta ada hubungan antara kemampuan mengarahkan diri, mengendalikan diri, mengatur diri dan mengubah perilaku dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII-A SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada : a). Kepala Sekolah: Sebagai pemimpin dalam lembaga agar dapat membangun kerja sama dengan seluruh personil sekolah dalam upaya meningkatkan kontrol diri siswa.b) Guru Mata Pelajaran: Sebagai tenaga pendidik agar dapat mendorong dan memperhatikan siswa/i untuk mengontrol diri agar tidak terjadi prokrastinasi akademik. c) Konselor: Agar dapat membangun kerja sama yang baik dengan kepala sekolah, orang tua, para guru dan personil sekolah lainya untuk lebih menigkatkan layanan bimbingan bagi siswa yang mengalami masalah prokrastinasi akademik. d) Siswa-siswi: dapat dijadikan sebagai pedoman dan menambah pengetahuan mengenai kontrol diri serta dapat menghindari hal-hal yang berkaitan dengan prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:27
Last Modified: 09 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item