Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas (Non-Aptitude) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Asam Basa Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Peserta Didik Kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae Tahun Pelajaran 2017/2018

HOAR, Maria Yoneta (2019) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas (Non-Aptitude) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Asam Basa Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Peserta Didik Kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pembelajaran yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat dikatakann sebagai proses pembelajaran yang membantu peserta didik untuk mengaitkan apa yang dipelajari dengan konteks kehidupan nyata. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI M IA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekake tahun pelajaran 2017/2018 (3) Bagaimana kreativitas (non-aptitude) peserta didik XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (4) Adakah hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (5) Adakah pengaruh dari kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI M IA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelaajaran 2017/2018. Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI M IA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kreativitas (non-aptitude) peserta didik XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI M IA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif pada materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 dengan skor rata-rata sebesar 3,73 tergolong dalam kategori baik dan koefisien realibilitas sebesar 93,3% (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI M IA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat kritis dengan skor rata-rata sebesar 82 (3) Kreativitas (nonaptitude) peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekake tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 83 dan presentase sebesar 83% (4) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) peserta didik dengan hasil belajar dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekake tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,96 (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (non-aptitude) peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok asam basa peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri Harekakae tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 27,33 + 0,27065 + 0,408

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas (Non-Aptiitude), Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:11
Last Modified: 13 Feb 2023 00:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11333

Actions (login required)

View Item View Item