Pengaruh Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

OKI, Katharina Auni (2016) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA 2 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA 2 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan tingkat kepercayaan 95%, kemudian dikonsultasikan atau dibandingkan dengan nilai-nilai untuk distribusi F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F hitung = 39, 4841269944. Hasil ini lebih besar dari F tabel = 4,18 pada taraf kepercayaan 95% yang menyatakan bahwa ada pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA2 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima, yakni ada pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa. Artinya konsep diri yang baik sangat mempengaruhi penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA2 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: a) kepala sekolah agar dapat meningkatkan kerjasama dengan semua personil sekolah agar secara bersama-sama membantu siswa menumbuhkembangkan konsep diri yang positif sehingga mudah melakukan penyesuaian diri siswa di sekolah, b) Guru mata pelajaran dan wali kelas untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya konsep diri yang positif pada diri siswa sehingga dapat membantu mereka dalam proses penyesuaian diri, c) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan untuk meningkatkan perannya sebagai pembimbing dan bekerjasama dengan guru mata pelajaran agar dapat membantu siswa mencegah timbulnya konsep diri yang negatif yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri siswa tersebut, d) Bagi siswa agar mampu memahami, menerima diri dan menumbuhkembangkan konsep diri yang positif sehingga memudahkan mereka dalam proses penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Penyesuaian Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:23
Last Modified: 13 Feb 2023 00:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item