Pengaruh Sikap Cinta Damai Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

BEREK, Maria I. Dobe (2019) Pengaruh Sikap Cinta Damai Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)

Abstract

Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan fakta dalam kehidupan yang dihadapi oleh peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui sikap cinta damai peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019.(3) Untuk mengetahui kemampuan verbal peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (4)(a) mengetahui ada tidaknya hubungan sikap cinta damai terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual eaching and learning(CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (b) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan verbal peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (c) mengetahui ada tidaknya hubungan sikap cinta damai dan kemampuan verbal peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (5)(a)mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap cinta damai dengan hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapka pendekatan contextual teaching and learnin (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (b) mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. (c) mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh:(1) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) efektif pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang. (2) Sikap cinta damai peserta didik kelas XI MIA 2 Negeri 9 Kupang, dinyatakan sangat baik dengan presentasi ratarata 82,5%. (3) Kemampuan verbal peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang termasuk dalam kategori istimewa dengan nilai rata-rata 84 dan rata-rata TPA yaitu sebesar 670. (4) Adanya hubungan antara sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,188 dan nilai koefisien determinansi (D)=0,35%, serta nilai atau 0,495 3,354.(5) Ada pengaruh antara sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan contextual teaching ad learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 78,944 0,089(X1) -0,026(X2) dan nilai Fhitung F tabel atau 0,495 3,354.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Cinta Kemampuan Verbal, Model pendekatan contextual teaching and learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:14
Last Modified: 06 Jan 2020 05:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item