Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) M’rian Tahun Anggaran 2019-2021 Di Desa Kufeu Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka

TAE, Benyamin Yusuf (2023) Analisis Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) M’rian Tahun Anggaran 2019-2021 Di Desa Kufeu Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (420kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) M’Rian Tahun Anggaran 2019-2021 di Desa Kufeu, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) M’Rian Tahun Anggaran 2019-2021 di Desa Kufeu, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran dari suatu fenomena tertentu secara objektif mengenai pengelolaan keuangan BUMDes M’Rian di Desa Kufeu, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka serta melakukan analisis data hasil wawancara dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Direktur BUMDes, Sekretaris BUMDes, Bendahara BUMDes,Kepala Unit BUMDes dalam menyajikan data dan menarik kesimpulan dari pengumpulan data yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Keuangan BUMDes M’Rian Tahuun Anggaran 2019-2021 Desa Kufeu, pada tahap perencanaan dan tahap Pelaporan dikatakan sudah baik karena sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Pada tahap pelaksanaan, tahap penatausahaan, dan tahap pertanggungjawaban dikatakan kurang baik karena belum sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang diadopsi dalam pengelolaan keuangan BUMDes M’Rian sebab belum ada peraturan ataupun regulasi yang secara spesifik merujuk pada pengelolaan keuangan BUMDes. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti ini memberikan saran, Bagi Pemerintah Desa Kufeu yakni memperhatikan pengelola keuangan BUMDes terkhususnya Bendahara terkait dengan Proses Pembukuan Laporan Keuangan BUMDes agar Bendahara dapat membuat suatu laporan keuangan BUMDes sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Bagi Dinas PMD Kabupaten Malaka dan Dinas PMD Provinsi NTT perlu bekerjasama dalam pengembangan SDM melalui pelatihan setiap aparatur BUMDes khusus bagi pengelolaan keuangan BUMDes sesuai dengan SOP dalam mewujudkan asas transparansi, akuntabilitas dan partisipatif masyarakat Desa Kufeu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan,Keuangan,BUMDes
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Benyamin Yusuf Tae
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:13
Last Modified: 16 Feb 2023 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item